Allohu Akbar, Teriakan Histeris Pilot Adam Air, Rekaman CVR Black Box Adam Air

Ada yang lebih menyayat hati dengan apa yang kebetulan gw temuin di Kaskus pagi ini, Rekaman CVR Black Box Adam Air’ yang hilang di laut dan tak meninggalkan seseorang pun untuk bercerita kepada khalayak. Sungguh menyayat hati! Saya tak kuasa membayangkan suasana histris dalam pesawat, kalo Pilot dan Copilot saja sehisteris itu, bagaimana dengan penumpangnya?! … Innalillaahi Wainnailaihi Roji’uunnn ..

Sekedar temen-temen ketahui, Blackbox, peralatan kunci yang dijadikan rujukan analisis penyebab kecelakaan pesawat terdiri dari dua bagian (Ini sih, kata dosen guwe dulu waktu kuliah) :

  1. FDR (Flight Data Recorder), yang merekam kondisi penerbangan: ketinggian, kecepatan, temperatur, and so on …
  2. CVR (Cocpit Voice Recorder), yang merekam pembicaraan pilot dan copilot. Nah,.. kalo rekan-rekan kepingin tahu seberapa histeris kondisi saat itu, silakan download file-nya disini. Link ini saya peroleh dari salah satu postingan di Kaskus. Silakan buka link tersebut untuk mengetahui komentar kawan-kawan di Kaskus!

Oh ya … rekaman tersebut sudah di-MP3-kan. Ukuran file 2,3MB. Download dari Rapidshare,..

DOWNLOAD REKAMAN CVR BLACK BOX ADAM AIR

BTW,… heran kenapa fili ini bisa ada yg upload ke Rapdishare … ???

 

UPDATE:

  1. Nama dosen gw terpaksa gw hilangin, untuk melindungi privacy beliau! Dan file ini bukan gw yg peroleh, apalagi dr dosen gw tersebut.
  2. Untuk Maz Mbelgedez,….  anda benar dan saya juga tahu bahwa data black-box bukan untuk konsumsi umum. OLeh karena itu, sekali lagi saya tekankan bahwa saya hanya memperoleh dari internet (kaskus), dan saya jelas tidak menjamin keabsahannya. Ya eya, lah …  gimana gw bisa kasih jaminan, orang gw bukan orang KNKT ?!
  3. Oleh karena itu, postingan ini tidak untuk dijadikan rujukan kebenaran dalam kejadian kecelakaan Adam Air tersebut.
  4. Bagi yang menginginkan kebenaran yg lebih dekat, tentunya rekaman ini harus di croscek dengan FDR (Flight Data Recorder). Secara logik, harus saling memberikan kebenaran yang sejalan. Misal: kalo menurut rekaman suara itu pesawat ’sepertinya’ jatuh menghempas, maka harus ada rekaman ketinggian pesawat yg menurun tajam. Sebaliknya, kalo meledak di udara, pasti rekaman akhir data ketiggiannya pada posisi ketiggian.
  5. CMIIW !!!

http://yuyunestriyanto.wordpress.com/2008/07/31/allohu-akbar-teriakan-histeris-pilot-adam-air-rekaman-cvr-black-box-adam-air/

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s