Salah Faham tentang Wahabi

Oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani 

Penanya : Seseorang bertanya, ” kami sering mendengar tentang wahabiyah/wahabi dan kami mendengar pula bahwa para pengikut wahabiyah membenci shalawat atas Nabi Shollalallaahu ‘alaihi wasallam dan tidak mau menziarahi makan Rosulullaah. Lalu sebagian syeikh mengatakan sesungguhnya Nabi Shollallaahu ‘alaihi wasallam telah mengabarkan keadaan mereka ini saat beliau bersabda, “najed adalah tanduk Syeitan.” Bagaimanakah jawaban anda mengenai hal ini ?

Syaikh Al-Albanie : Pada hakikatnya pertanyaan ini, sangat disayangkan, sangat mengakar dan mempengaruhi kaum muslimin. Adapun iklim yang telah menunjang tumbuhnya opini seperti ini dahulu adalah faktor politik, namun masa bagi faktor tsb telah lama berlalu dan berakhir. Sebab, ia hanyalah manufer politik yang sengaja dilancarkan oleh daulah Attaturk (kerajaan Turki) tanpa landasan sama sekali, tapi sekedar mengalihkan perhatian.

Politik tersebut diciptakan oleh daulah attaturk pada saat munculnya seorang ahli ilmu dan tokoh pembaharu yang bernama Muhammad bin Abdul Wahhab, yang berasal dari bagian negeri Najed. Tokoh tersebut mengajak orang-orang disekitarnya kepada keikhlasan, beribadah kepada Allah semata tanpa menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Di antara fenomena kesyirikan itu, sangat disayangkan, masih saja ditemukan di sebagian negeri Islam, berbeda dengan negeri tempat munculnya sang pembaharu Muhammad bin Abdul Wahhab. Negeri tersebut hingga saat ini, Alhamdulillah, tidak ditemukan padanya salah satu jenis syirik. Sementara fenomena syirik demikian marak di sebagian besar negeri Islam yang lain, Sebagai contoh, figur Khomaini dan saat meninggalnya serta pengumuman penunjukan makan beliau sebagai Ka’bah (tempat menunaikan haji) bagi penduduk Iran, ini merupakan bukti nyata dan berita tentang hal ini masih hangat bagi kalian.

Sang tokoh, Muhammad bin Abdul Wahhab, ketika naik ke permukaan dalam rangka berdakwah untuk beribadah hanya kepada Allah, sangat bertepatan dengan hikmah yang dikehendaki Allah. Pada saat itu, di negeri tersebut terdapat seorang pemimpin di antara sekian pemimpin negeri Najed,beliau adalah Su’ud leluhur keluarga yang saat ini sedang memerintah Saudi. Akhirnya syaikh dan pemimpin tersebut bekerja sama, ilmu dan pedang pun saling membantu. Mereka mulai menyebarkan dakwah tauhid di negeri Najed, mengajak manusia sekali waktu dengan lisan dan di waktu yang lain dengan pedang. Siap yang menyambut ajakan, maka itulah yang diharapkan. Sedang bila tidak demikian, maka tidak ada jalan lain kecuali menggunakan kekuatan.

Dakwah tersebut berhasil menyebar hingga sampai ke negeri-negeri yang lain. Sementara perlu diketahui bahwa saat itu negeri Najed serta wilayah sekitarnya seperti Irak, Yordan, dan wilayah-wilayah lain berada di bawah kekuasaan Attaturk sebagai khilafah turun-temurun. Kemudian tokoh ini dengan ilmunya serta pemimpin tersebut dengan kepemimpinannya mulai populer. Dari sini, penguasa Attaturk merasa khawatir jika muncul di dunia Islam satu kekuatan yang mampun menyaingi kekuasaan Daulah Attaturk. Maka, mereka berkehendak membabat habis dakwah ini sebelum sempat beranjak dari negeri kelahirannya. Hal itu mereka tempuh dengan cara menggencarkan propaganda bohong mengenai dakwah tersebut, sebagaimana terungkap dalam pertanyaan di atas ataupun pernyataan serupa yang sering kita dengar.

Di atas telah aku katakan,bahwa faktor utamanya adalah konflik politik, akan tetapi konflik politik tersebut telah berakhir dan bukan tujuan kami hendak membahas sejarah. Adapun faktor lain yang turut andil bagi tersebarnya opini tidak benar terhadap dakwah ini adalah ketidaktahuan sebagian orang terhadap hakikat dakwah ini. Hal ini mengingatkan ku akan suatu cerita yang pernah aku baca di sebuah majalah, yaitu bahwa dua orang laki-laki sedang bertukar pikiran mengenai jalan dakwah Muhammad bin Abdul Wahhab yang mereka cap dengan sebutan Wahabiyah. Kalau saja manusia mau memikirkan apa yang akan mereka katakan, niscaya pemberian cap ini saja sudah cukup membuktikan kesalahan mereka dalam menyikapi dakwah ini. Sebab kata Wahabiyah bila ditelusuri merupakan pecahan dari kata dasar Wahab. Lalu siapakah Al-Wahab itu ? tidak lain adalah Allah Tabaraka Wata’ala.

Kalau begitu, pemberian cap bagi dakwah ini dengan sebutan Wahabiyah justru menjadikannya mulia dan bukan malah meruntuhkannya. Akan tetapi sebutan itu sama seperti apa yang mereka katakan tentang kami di Suriah, “Di telinga mereka, hal itu adalah sesuatu yang menakutkan sekali”. Begitu juga perkataan “Wahabiyah tidak memiliki keyakinan terhadap Rosul, atau mereka tidak beriman kepada Allah Ta’ala.

Pembahasan ini telah mengingatkanku akan dua orang yang bertukar pikiran tsb. Seorang yang bodoh mengklaim bahwa golongan Wahabiyah hanya beriman kepada Allah, adapun Muhammad Rosulullaah tidak menjadi bagian keyakinan mereka. Tidak ada yang mereka ucapkan kecuali “Laa Ilaha Illallaah (Tidak ada sembahan yang hak kecuali Allah).

Sehubungan dengan ini, di Negeri Syam ada cerita yang mesti aku sampaikan. Mereka biasa mengatakan “Mobil duta besar Saudi lewat dan ternyata diiringi oleh bendera melambai-lambai bertuliskan Laa Ilaha Illallaah wa Muhammad Rosulullaah. Wahai kaum muslimin, bertakwalah kalian kepada Allah. Bagaimana kalian mengatakan terhadap orang-orang itu bahwa mereka tidak beriman kecuali hanya kepada Allah, sementara bendera mereka merupakan satu-satunya bendera di dunia yang bertuliskan simbol Tauhid, dimana Rosulullaah telah bersabda tentang hal itu, “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi tidak ada sembahan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah Rosulullaah. Apabila mereka mengatakan hal itu, sungguh telah terlindung dariku harta dan darah mereka. Adapun Hisab (perhitungan amalan) mereka terserah kepada Allah”. Mengapa kalian melancarkan tuduhan dusta kepada mereka ? Lihatlah, bendera mereka ini menjulang tinggi untuk mengungkapkan keimanan yang ada dihati mereka.

Ini dari satu sisi, sementara dari sisi lain yang lebih besar dan lebih penting, “Mungkin saja dikatakan bahwa bendera tsb hanyalah kepalsuan, yakni sekedar propaganda yang memiliki maksud tersendiri..dan seterusnya”, Akan tetapi, tidaklah mereka perhatikan bagaimana hingga saat ini manusia melaksanakan haji setiap waktu dengan nyaman dan aman. Keadaan seperti ini tidak pernah dinikmati (setelah masa Rosulullah dan beberapa Khalifah terdahulu = tambahan saya sendiri), pada masa Attaturk yang telah melancarkan tuduhan dusta untuk merusak citra dakwah ini. Kalian semua mengetahui bahwa seringkali terjadi pada bapak-bapak kita, terlebih kakek-kakek kita, bila hendak berangkat menunaikan haji harus menyertakan pasukan bersenjata demi untuk mengamankan jamaah haji tsb dari para penyamun dan perampok.

Maha suci Allah, kondisi ini telah berakhir. Namun dengan sebab apa? Tentu saja dengan sebab politik yang diterapkan oleh jamaah yang mereka namakan golongan wahabiyah hingga saat ini.

Seandainya bendera yang melambaikan keimanan shahih dan tauhid yang benar disertai keimanan bahwa Muhammad adalah Rosulullah itu hanyalah pernyataan palsu dan kedustaan belaka, namun tidakkah kalian perhatikan bagaimana mereka demikian tekunnya di dalam Masjid untuk beribadah kepada Allah Ta’ ala. Mereka mengumandangkan adzan sebagaimana adzan yang dikumandangkan di seluruh negeri Islam lainnya. Demi Allah, kecuali tambahan yang biasa diucapkan pada bagian awal dan akhir adzan seperti yang terdapat di berbagai negeri Islam lain. Sesungguhnya tambahan ini tidaklah ditemukan di
sana (Saudi). Hal itu mereka lakukan dalam rangka menerapkan Sunnah, bukan sebagai fenomena pengingkaran terhadap Rosul Islam serta Rosul bagi manusia secara keseluruhan. Akan tetapi semata-mata hanyalah untuk mengikuti generasi salaf. Semua kebaikan adalah dengan mengikuti golongan salaf, sementara segala keburukan terdapat pada bid’ah dan kaum khalaf.

Hingga saat ini, manusia menunaikan ibadah haji dan mendengarkan adzan dengan kalimat persaksian akan keesaan Allah serta persaksian terhadap Nabi-Nya sebagai pengemban Risalah. Kemudian mereka sholat seperti sholat yang kita lakukan, dan bersholawat terhadap Rosul setiap kali namanya disebut. Barangkali mereka lebih banyak bersholawat dibandingkan orang-orang yang menuduh bahwa mereka tidak mencintai dan tidak mau bersholawat atas Rosul.

Wahai jamaah sekalian, takutlah kalian kepada Allah. Kedustaan yang digemborkan ini telah dibantah oleh kenyataan kondisi mereka. Sebab tidak mungkin bagi mereka memperturuti keinginan orang-orang yang berada di negeri mereka. Akan tetapi yang mereka tampilkan tidak lain lahir dari lubuk hati, keimanan terhadap kalimat “Laa ilaha Illallaah wa anna Muhammad Rosulullaah” serta semangat untuk mengikuti manhaj Rosulullaah shollallaahu ‘alaihi wasallam tanpa menambah, tidak tidak aku katakan tidak mengurangi. Sebab kekurangan adalah tabiat manusia, tidak ada manusia yang mampu untuk menghindar darinya. Akan tetapi dari segi Akidah tidk dilebihkan dan tidak dikurangi dari yang semestinya. Sedangkan dari segi ibadah tidak dilebihkan namun bisa saja kurang dari yang semestinya. Misalnya sebagian mereka tidak melakukan sholat di waktu malam di saat manusia tertidur, dan ini adalah kekurangan. Namun kekurangan ini tidak mempengaruhi akidah serta tidak mengurangi nilai keislaman yang dimiliki. Kalimat Wahabiyah masih saja dijadikan bahan untuk melakukan tuduhan suatu kelompok masyarakat mengenai perkara-perkara yang mereka berlepas dari darinya sebagaimana dikatakan “terbebasnya serigala dari darah putra Ya’qub.

Wallaahu a’lam bisshowab

Sumber : Fatawa Asy-Syaikh Al-Albani wa Muqaranatuha bi fatawa Al-‘Ulama.
Penyusun : Ukasyah Abdul Manan Athaiby, cetakan kedua 1995
Penerbit : Maktabah Ats-Tsurats Al-Islami,
Cairo

156 Comments

  1. assalamualaikum warahmatullah wabarokatuh….!!1
    sebaiknya para muslimin meneliti terlebih dahulu apa yang dimaksud?,darimana?,apa tujuannya?,dan sesuaikah dengan al-quran,sunah rosul,dan sunah sahabat?,jangan sekali2 asal menuduh.orang yang berhak mengatakan bahwasannya dia termasuk golongan ini atau ini…adalah orang yang sudah tahu siapa dia?,riwayat hidupnya?,manhajnya?dan karangannya.alangkah sungguh tragis nasib islam ini,orang yang membelanya malah di jauhi oleh pemeluknya.

    • saya setuju…itu juga salah satu cara bagi org terpelajar….bukan main tuduk jer….bila bertentangan dgn adat masyarakat ckit…mcm2 tuduhan dibuat….

    • Subhanallah……itu selalu ada terucap di hati…..berdoa selalu kepada ALLAH SWT dan Nabi Muahmmad SAW beserta keluarga dan sahabatnya agar ISLAM tidak ada yg bisa mengadudombakan ajaran BENARNYA, tp waspada Fitnah pst akn dtg dan itu dr DALAM sndiri….smg yg pengen tahu apa yg benar mdpt ptunjuk yg bnar dr ALLAH SWT, ALLAHUAKBAR

    • betul kang! antum ingsyaAlloh berhak menerima HIDAYAH Amiin

  2. BEGINI LHO SYAIKH??? ANA INI MAU TANYA SAJA TENTANG TAWASSUL KE NABI SALLALLAHUALAIHIWASSALLLAM …. SEPERTI DIPERINTAHKAN DIDALAM AL-QUR’AN , DIMANA AMALAN ITU DILAKUKAN OLEH KELOMPOK YANG MENGKLAIN DIRINYA WAH-ABI ??? TERUS ANA JUGA MEMBACA TENTANG KARANGAN ENTE BUKU SIFAT SHALAT NABI EDISI REVISI….. ISINYA ENTE MEMBODOH MBODOHKAN ULAMA LAIN SEOLAH OLAH ENTE ITU ISLAM YANG PALING BETUL, LIHAT TULISAN PENGANTAR NYA SAJA ANA SUDAH MAU MUNTAH MEMBACA UMPATAN-UMPATAN ENTE TERHADAP ULAMA LAIN !!!!!! ISINYA BAGUS SEMUA SESUAI DENGAN HADITS RASULULLAH SAW, TAPI ENTE MEMBUNGKUS DENGAN KALIMAT-KALIMAT UMPATAN !!!! APAKAH UMPATAN-UMPATAN ENTE ITU DICONTOHKAN OLEH RASULULLAH SAW!!

    • Bisa dicontohkan kalimat umpatannya seperti apa ? kah..kah..kah..

    • ITU BUKAN UMPATAN.KAMU INI YAHUDI ATAU MAJUSI?SOK MENGADA ADKAN AJA!!!

  3. Albani itu cuma tukang arloji yang belajar hadist di perpustakaan ga ada sanadnya. Terus berbuat ulah dengan membolak-balik hadist sahih Imam Bukhari & Muslim yang sahih dibilang daif, yang daif dibilang sahih.

    • masa ahli hadits ndak punya guru yang memberi riwayat hadits?
      cuma sekedar kajian literatur??? padahal kata orang sudah
      pangkat muhaddits dunya

    • yang namanya pendusta dan pmbohong presis seperti lidahmu yang berpenyakit!dan berhati yahudi

    • apa salahnya tukang jam????
      apa kebenaran itu diukur dg pekerjaan???
      aneh…

  4. Waspadalah !!!! Telah jelas si al-bani ini adalah pemecah belah islam. Umpatannya sangat tajam dan menusuk tapi tidak benar !!!
    Perhatikanlah wajah dari si albany dan kemudian perhatikanlah hadits Bukhari dibawah ini :
    HR Sahih Bukhari – 7062. Dari Abu Sa`id Al-Khudri, dia berkata :”Ali, ketika berada di kota Yaman, pernah kirim kepada Nabi saw, biji emas yang masih di tambangnya. Biji emas itu oleh beliau dibagikan kepada kelompok Al-Aqra` bin Hhabis Al-Hamdali; kemudian kepada salah satu kelompok Alqamahbin Ulatsah Al`Amiri; kemudian kepada salah satu kelompok Kilab dan kelompok Zaid Al-Khail Ath-Thai; kemudian kepada salah satu kelompok Bani Nabhan”. Ternyata orang Quraisy dan orang Anshar marah-marah. Mereka lalu berkata :”Beliau memberikannya kepada kelompok pasukan penduduk Najed dan membiarkan kami”. Beliau bersabda :”Sesungguhnya aku hanyalah berkeinginan mempersatukan mereka”. Maka datanglah seorang lelaki, cekung kedua matanya, menonjol dahinya, lebat jenggotnya, menonjol bagian atas pipinya, dan kepalanya dicukur, seraya berkta :”Wahai Muhammad, bertaqwalah kepada Aalah”. Maka Nabi saw bersabda :”Siapakah yang patuh kepada Allah jika aku mendurhakai-Nya? Allah membeirkan kepercayaan kepadaku atas penghuni bumi ini. Sementara kalian tidak memberikan kepercayaan kepadaku”. Maka ada seorang lelak dari kaum itu yang mohon untuk membunuh seseorang. Aku ykin bahwa seorang lelaki itu adalah Khalid bin All-Walid . ternyata Nabi saw. Melarangnya. Maka ketika lelaki itu berpaling. Nabi sawa. Bersabda :”Sesungguhnya sumbernya ini adalah adanya sekelompok kaum yang membaca Al-Quran. Namun Al-Quran itu tidaklah melewati pangkal-pangkal tenggorokannya. Mereka lepas dari islam seperti lepasnya anak panah dari busurnya. Mereka membunuh ahli islam dan membiarkan ahli berhala-berhala. Jika aku mendapati mereka niscaya aku akan membinasakannya seperti dibinasakannya kaum “Ad”.

    Saudara-saudaraku muslimin/muslimat, mukminin mukminaat, perhatikan semua ciri ciri yang disebutkan Rasulullah SAW diatas, mirip dan sama dengan si albani. Lebat jenggotnya, cekung matanya, dari najed asalnya, dan kepalanya gundul. Najed ….. tempat asal Mussailamah Al-Kaddzzab, si kodok ngorek !!!!

    • kalo begitu bawakan hadits atau atsar sahabat atau ucapan ulama yang menyatakan bahwa orang yang mirip dengan Musailamah Al kadzab adalah pendusta juga!!!

    • saya tau wawasanmu menganbil buku syi,ah sbagai temanmu sehingga kebodohanmu akan mengantarkan kejurang fitnah dan kesesatan yang nyata!

    • GUS totong !!!Antum dan IBUMU adalah YAHUDI kelas TELUR BUSUKKKK

  5. SIAL-BANI BIN MUSSAILAMAH AL KADDZAAAB, JAWABLAH TENTANG HADITS SAHIH DIATAS, JANGANLAH KALIAN MEMUTAR-MUTAR LIDAH MEMBACA AL-QUR’AN

    AL-IMRAN QS-3.78. Sesungguhnya di antara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, padahal ia bukan dari Al Kitab dan mereka mengatakan: “Ia (yang dibaca itu datang) dari sisi Allah”, padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta terhadap Allah, sedang mereka mengetahui.

  6. Salaam
    Ana juga bingung….tentang Kerajaan Saudi ini, dalam Islam sendiri pimpinan dipilih. Bukannya berasal dari keturunan…seperti yang dipraktikan kerajaan saudi
    yang kedua saudi juga sangat lunak terhadap barat (amerika dan inggris) dan kurang aspiratif terhadap kejadian di palestina.

    Ana tidak mempermasalahkan, tetapi sepertinya kom tidak relevan dengan aplikasi terdahulu. Padahal jelas-jelas negara barat itu berlaku kejam kepada ikhwah di palestina, iraq dan afghanistan.
    Afwan jadinya bicara tentang situasi dunia.
    Seharusnya sebagai pemegang amanah sebagai pusat peradaban Islam, Saudi harus mampu bersikap…

    Ini yang sangat disayangkan…lalu kemana pengamalan sunnah yang berkaitan ttg masalah itu? Saudi seperti terlenakan dengan..dengan itu semua.
    Afwan..ana bingung sekali….dengan apa yang terjadi saat ini. Ulama-ulama di Saudi justru lebih sering mengutuki aplikasi sunnah dari yang lain di luar kelompoknya.
    Semua saling menuding ahlu bid’ah pada yang lain………
    Ana bukan syiah….
    Ana mengikuti Salaf….
    Tapi ana sangat merasa ada ganjalan di hati saat melihat apa2 yang dilakukan oleh Kerajaan Saudi.
    Ikhwah…saudara2 kita tersebar di seluruh dunia…perlu pemimpin yang bisa menjadi motivator…Ikhwah2 di Saudilah sebagai harapan..tapi sampai saat ini kita belum melihat tindakan nyata dari Saudi….
    Afwan..ana memang kesal dg perilaku kita yang cenderung lebih focus pada perdebatan ttg mazhab…..
    ….Ana juga sering membaca masalah terorisme (Al Irhab) yang ditulis pada kajian2 manhaj. Mengapa model mengecamnya sangat mirip al amrikiy. Masalah WTC pun dibahas seperti al amrikiy membahas padahal belum tentu itu ulah siapa2 yg disebut sebagai terorist..
    Afwan…ana sangat emosional karena tidak tahu lagi harus berbuat apa melihat kondisi ummah..sehingga ana sempat memilih jalan menjadi..apa yang antum sekalian sebut sebagai terorist.(bukan golongan Hambali, M Top atau yang sering muncul di tv..ana juga tidak kenal siapa-siapa mereka dan siapa di balik mereka)
    Ana bukan khawarij…..ana cuma ingin berjuang saja……kalau perjuangan siapa-siapa yang disebut sebagai terorist itu salah…afwan berilah mereka pengajaran bagaimana harus berjuang…

    Diplomasi….ekonomi atau apapun..asalkan jangan lagi orang-orang kafir itu menginjak-injak kita….
    Ana rindu persatuan ummah. Ana rindu Arab Saudi (entah Kerajaannya atau Ulamanya) bangkit menjadi pemimpin seluruh ummah. menjadi kekuatan besar sehingga bisa mengimbangi amrikiy bersama ikhwah2nya.

    Jazzakallah khairan katsiiran

    Assyaif al Ummah

    • Boleh ana kasih sedikit masukan?

      1. Setiap negara punya kebijakan untuk mengamankan negara dan rakyatnya, demikian juga saudi. Sudahlah itu merupakan kebijakan saudi. dan disana ada majelis ulamanya (lajnah daimah) jadi sudah dipikirkan mudorot dan maslahatnya.

      2. Jangan dikaitkan saudi dengan manhaj, andai saudi berubah menjadi manhaj syi’ah, maka kami ahlu sunnah tidak akan membela saudi. Hanya saja hari ini, banyak yang menuduhkan fitnah kepada saudi dengan alasan manhaj, maka kami menjelaskan yang hak diatas yang bathil

      3. adapun sumbangsih saudi dalam dunia Islam, apa perlu dipamerkan seperti orang-orang hizbiyun/harokiyuun??? Yang mana hizbiyuun/harokiyuun itu bertujuan agar hizbnya memperoleh pamor dimata masyarakat. Bandingkanlah…

      4.Adapun masalah saling tuding Teroris. Teroris itu ada beberapa macam,

    • Boleh ana kasih sedikit masukan?

      1. Setiap negara punya kebijakan untuk mengamankan negara dan rakyatnya, demikian juga saudi. Sudahlah itu merupakan kebijakan saudi. dan disana ada majelis ulamanya (lajnah daimah) jadi sudah dipikirkan mudorot dan maslahatnya.

      2. Jangan dikaitkan saudi dengan manhaj, andai saudi berubah menjadi manhaj syi’ah, maka kami ahlu sunnah tidak akan membela saudi. Hanya saja hari ini, banyak yang menuduhkan fitnah kepada saudi dengan alasan manhaj, maka kami menjelaskan yang hak diatas yang bathil

      3. adapun sumbangsih saudi dalam dunia Islam, apa perlu dipamerkan seperti orang-orang hizbiyun/harokiyuun??? Yang mana hizbiyuun/harokiyuun itu bertujuan agar hizbnya memperoleh pamor dimata masyarakat. Bandingkanlah…

      4.Adapun masalah saling tuding Teroris. Teroris itu ada beberapa macam,
      a. Orang kafir. mereka menyebarkan kerusakan ditengah kaum muslimin.
      b. Orang Islam, mereka menyebarkan kerusakan di tengah kaum muslimin.
      dua-duanya adalah teroris yang mesti diperangi. adapun sifulan dan si fulan, kita tidak menuduh teroris melainkan dengan apa yang telah mereka perbuat.
      Kalo perbuatan mereka bukan terorisme lantas apa, jihad?

      5. idealnya pemerintahan dalam islam itu apa yang terjadi pada jaman khulafaur rasyidin, namun pola kerajaanpun sudah disinyalir oleh Rasulullah. dan sudah terjadi jaman bani umayyah.

      6. Mari kita tegakan persatuan diatas al haq, bukan membiarkan kebathilan yang ada di saudara-saudara kita. Mari kita berjihad dengan ilmu kepada saudara-saudara kita yangterkena pemahaman khawarij, dl. bukan berarti kita bermesraan dengan orang kafir. kita berjihad kepada orang kafir juga, tentu dengan ilmu, bukan dengan kebodohan (serampangan/terorisme).

      7. Kita tdk membela saudi melainkan disana terdapat haromain. Negeri itu terjaga dari kesesatan yang terbuka, buktikanlah…. hingga dajjalpun tidak dapat masuk kedalamnya.

  7. Terkadang..perdamaian dan tegaknya kebenaran memang memerlukan diawali melalui sebuah peperangan……..

    Terkadang tegaknya sesuatu yang haq memerlukan pula tegaknya sebilah pedang

  8. Waduh, koq ini saling hujat. Lo..lo…inikah wajah ummat Islam ? Berbeda boleh, tapi tolong satu sama lain memberikan argumentasi yang nalar, tidak mendahulukan emosi. Jika memang kelompok wahabi memberikan penjelasan yang tidak cocok, maka balaslah argumentasi itu dengan nalar tapi santun. Jika mempersoalkan validitas hadits soheh dianggap daif atau maudu karena ada ilat, bukankah ada ilmu hadits, bantahlah dengan argumentasi yang valid juga.

    Ya memang agak menggelitik pikiran saya, dimana kelompok wahabi selalu bicara jangan mengkulutskan individu atau majhab (bertaqlid kepada salah satu majhab), tapi nyataya mengkultuskan Muhammad Abdul Wahab.
    Jika berdiri diatas manhaj Rasulallah, Sahabat, Tabiin, Tabiut-Tabiin, dan seterusnya, buktikan bahwa Islam adalah rakhmatan lil alamin. Tapi sebaliknya dalam setiap dakwahnya selalu memicu perpecahan, mencap firqah2 lain sesat, mencela dan mencap ulama-ualam lain sesat, maka perlu intropeksi diri.
    Saya tak mau panjang-panjang komentar, cukup dengan hadits Nabi di bawah ini. Dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ. وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى معْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ. وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ. وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ
    “Siapa yang melepaskan seorang mukmin dari satu bencana/kesulitan dunia niscaya Allah akan melepaskannya dari satu bencana di hari kiamat. Siapa yang memberi kemudahan bagi orang yang sedang kesulitan niscaya Allah akan memberikan kemudahan baginya di dunia dan di akhirat. Siapa yang menutup kejelekan/cacat seorang muslim, Allah pun akan menutup cacatnya di dunia dan di akhirat. Dan Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya.” [4]

    • Kami tidak mengkultuskan syaikh Ibnu Wahhab, beliau sama dengan para Imam yang lain, akan tetapi mengapa sering kami ungkit???

      Kami hanya membela kehormatannya, yang mana beliau sering menjadi kambing hitam oleh para Ahli Bid’ah. Ada yang melarang bid’ah, dibilang “wahhabi”, ada yang mencela syirik di kuburan, dibilang “wahhabi”. dll.

      Apa yang antum lakukan apabila ada yang menuduh guru antum dengan apa yang tidak ada padanya???

      Misal, antum ga maulid, dibilang ga cinta Rosul. Ga dzikir jama’ah dibilang benci dzikir, antum ga tawashul ke kuburan dibilang ngelarang jiarah kubur, antum meratakan kubah dikuburan orang sholeh dibilang benci waliyullah, dll.

      • Knapa gak diratakan saja kuburan abd. wahab biar gak jadi bidáh dan syirik

  9. Setuju dg Akhi Surya dan Ikhwah lain yang concern pada masalah perpecahan umat………sudahlah kita stop saling menghujat. Saling menjelek-jelekkan mazhab. Pemerintah Saudi juga begitu….harus jadi pemimpin Islam fikirlah Palestina, Iraq, dan Afghanistan dan juga tentunya fikirkan nasib TKI-TKW kita. Mereka di sana juga saudara se iman..Ikhwah fillah. JAdi tolong pengamalan sunnah jangan hanya tampak pada style jasmaniah saja tetapi juga pada sikap…(amal)

    Jazzakallah Khair

    Rindu Islam bersatu
    Rindu Islam berhenti saling menjelekkan mazhab

    • Marilah kita bersatu diatas yang haq, jangan membiarkan saudara-saudara kita dalam kesesatan.
      Inilah butuhnya dakwah.

      Amalkanlah sunnah rosul yang wajib-wajib dahulu, amalkanlah semampu-mampunya, dimulai dari diri-diri kalian.

      Bisa jadi kalian menganggap kecil sesuatu padahal itu dapat menjerumuskan kalian kedalam api neraka.

      Contoh: Isbal: memang terlihat remeh, tapi ancamannya neraka, mau?
      Ingatkanlah mereka-mereka yang katanya mau membela Islam, palestin, gaza, afgan, dll.

      Ingatkanlah mereka yang semangat menegakan persatuan, jangan syirik dan bid’ah karena itu akan mencelakakan mereka.

      • Aduh….. ente ini siapa sih??? udah prnah ngji alat (nahwu+sorof) ?
        kalo ente prnah ngaji pasti ente bisa donk baca kitab2 tebel dan ga ada harokatnya, aliayas kitab para imam salafus sholihin… nah disitu ente bsa baca definisi apa itu larangn isbal?? kok ancamannya neraka?

        jng ente telen mentah2 itu arti leterleknya, kan ada ulama hadis,ulama tafsir,ulama fiqih… cba ente cari dah

      • Selaku umat islam sdh sepantasnya anda ber empati dg tragedi kemanusiaan di palestin dan afghan, tp anda mlh cemoohkan saya jadi ragu dg background agama anda. Soal umat islam yg lain nya syirik atau bid’ah spt anda tuduhkan, biarlah mereka spt itu, krn tdk akn merugikan anda. Tdk baik mengklaim diri anda yg paling benar, anda sbg ahli syurga, yg lain semuanya haram, syirik, bid’ah, murtad. Kecuali jk anda sdh merasa jadi Tuhan yg maha tau segalanya.

  10. Memang yang menjadi masalah, ada satu golongan yang suka mensesatkan golongan lain, jika anda tahu yang dianggap sesat bukan hanya tabligh tapi dibawah ini Listnya :
    -PKS (Ikhwanul Muslimin)
    -HT ( Hiztbut Tahrir)
    – Semua orang Islam yang menganut 4 mahzab ( Syafii, hambali, hanafi & maliki)
    -NU, Muhamadiyah
    -dll

    Siapa Dalangnya, ialah yang mengaku SALAFI /As-Sunnah(Topeng Wahabbi di Indonesia) ( Salah Fikir ) kata banyak orang, Mereka seperti ingin mendirikan mahzab ke-5 diluar 4 mahzab yang sudah ada, SELAIN mereka dikatakan SEMUANYA SESAT….!!!!!

    Siapa yang sesat kalau begitu………………????????????

    • Yang sesat itu yang gemar bid’ah dan syirik.

      Mau bukti??

      • buktinya tukang jam kok bisa ngedoifin hadis bukhory belajar ama spa tuh…….

  11. Assalamualaikum, Wr.Wb
    Saya agak bingung nih. Tuan-tuan sangat pintar dalam agama, mengatakan ini benar dan ini salah. Mengkritik kerajaan Saudi dan berjuang untuk Palestina, Irak dan Afganistan.
    Saya tdk tahu hadist atau ayat Al Qur’annya, kok apa yang diperdebatkan kok hanya menghabis-habiskan waktu saja, karena masalahnya sangat jauh dari kehidupan kita sehari-hari. Kalau Wahabi benar, lalu kita rugi apa? Kalau mereka salah, kita untung apa?

    Marilah kita berpikir ttg yang perlu kita pikirkan dan yang dalam pengaruh kita. Anda memikirkan Palestina, di lingkungan anda masih banyak fakir miskin. Anda memikirkan saudara kita yang berjuang di Irak dan Afganistan, tetapi tetangga anda juga sedang berjuang untuk mendapatkan makan hari ini dan besok. Anda mengkhawatirkan banyak saudara kita korban kezoliman AS, tetapi disini juga banyak korban-korban dari pembangunan yang tidak merata, korupsi, ketidak-adilan penegak hukum (polisi, jaksa dan hakim).
    Masih banyak yang harus kita perjuangkan di sini, kenapa anda harus capek-capek memikirkan negara orang lain? Anda menyayangkan Palestina, coba lihat mereka sendiri juga tidak akur satu sama lain, begitu juga Irak. Semua itu hanya politik, saudaraku. Politik itu hanya untuk org-org tertentu yang menginginkan kekuasaan. Bagi mereka semuanya hallal, termasuk membungkus perjuangannya dengan nama agama.
    Marilah kita berjuang untuk diri kita dulu, keluarga kita, lingkungan kita dan negara dan bangsa kita. Masih banyak yang harus dilakukan di sini.
    Coba anda lihat banyak sekali anak jalanan yang berkeliaran, kenapa anda tidak berjuang untuk membebaskan mereka? Anda lihat masih banyak Masjid kita yang lingkungannya kurang bersih, toiletnya yang berbau tdk enak, kenapa anda tdk mencoba membersihkannya. Masih banyak sampah disana-sini, kenapa anda tdk mau berjuang membersihkannya. Masih banyak saudara kita yang tidak mendapatkan layanan kesehatan yang memadai, kenapa anda tidak khawatir?
    Sadarlah, sifat manusia yang paling terbelakang (maaf) adalah MENYALAHKAN ORG LAIN.
    Orang yang beradab selalu berkata apa yang dapat saya bantu untuk dapat membantu sesama.
    Selamat menunaikan ibadah Ramadhan..

    • Apa yang terjadi di negri ini penyebabnya adalah Demokrasi lalu dibuat untuk menambalnya Lembaga2 sosial. tapi tanpa campur tangan negara seberapa kuat lembaga2 sosial itu.

  12. Assalamualiakum
    Silahkan akses http://www.mediamuslim.info

  13. saya ingin tanya tentang sururi. Benarkah yayasan dar iel iman itu sururi?

  14. Beginilah kalo orang2 tanpa ilmu kayak antum berkumpul, berdebat dengan cara tidak ahsan, menghina ulama seolah antum shalatnya rajin, seolah antum udah hafal AL-QUR’AN dan hadits, padahal membacanya aja sepertinya antum jarang! Kalo ternyata antum rajin shalat, baca AL-QUR’AN dan ibadah lain, koq gaya bahasanya seperti orang2 yang jauh dari hidayah? kalo antum di sekolah dan di kuliah masih suka nyontek pas ujian, udah yang itu dulu antum perbaiki! karena antum masih belum bisa dipercaya untuk hal kecil saja!..Ana ngeliat, anak2 yang mengklaim dirinya salafi yang sukanya berdakwah dgn asal2an, biasanya asalnya tadinya orang awam yang suka mengumpat seperti antum! syukur hidayah pun datang, berupa manhaj salaf, tapi kebiasaan mengumpatnya ga ilang2 juga, jadilah salafi rusak namanya!..Jadi, besok2 kalo antum dapat hidayah tentang kebenaran manhaj salaf, ana nasehatin jangan langsung berdakwah, belajar agama dululah yang banyak dan blajar dakwah dgn lemah lembut dululah kyk nabi saw, biar nama salafi jadi ga rusak lagi, hanya gara2 penyampaian yang ga ahsan walopun isinya benar! Ini tidak berlaku untuk syeik albani, karena beliau tidak mengumpat, kecuali ke ahli syirik, khurafat dan bid’ah yang sesat! Apakah antum masih menganggap orang2 yang percaya ke dukun, minta ke kuburan, pake jimat dsb, adalah msh islam! antum sungguh msh awam kalo bgtu! blm baca al-qur’an dan hadits soal itu ya?! ngapain ngurusi dulu orang kafir? yang penting umatnya dulu dibenerin! Ini juga layaknya di perusahaan, jangan terlalu mikirin dulu competitor, SDM perusahaan dulu diperbaiki! Masih jauh lebih baik ana meeting di kantor, lebih profesional dan obyektif daripada ketemu ma para pengumpat tanpa ilmu kayak antum! taubatlah mumpung puasa ramadhan ya akhi wa ukhti! TTD, MANAGER (Ana juga msh awam, tp slalu brusaha mencari kbnaran ttg agama ini, bkn dpt asal2an kyk gni,gak ilmiah syar’iyah)

  15. setuju….. pak MANAGER
    Kalo ingin tahu hati seseorang, memang harus dilihat dulu dari omongannya, ketahuan tho…???
    Kita emang mesti pintar memilah mana yang ‘umpatan’ atau yang nahi mungkar. Teruslah belajar…!!!
    OK

  16. “Sesungguhnya allah maha pengasih lagi maha penyayang”

    “ampunilah hambamu yang banyak kekurangan ini”

  17. Astaghfirullah….saya baru tahu kalau sudah begini sengit “perang” sesama muslim di dunia maya. Istighfarlah saudara-saudaraku. Tuhan kita sama, nabi kita sama. Tapi sudah nggak jelas lagi siapa yang mengkafirkan siapa.

    Saya pernah membaca hadits yang berbunyi “Seseorang yang berkata kepada saudaranya, “Wahai kafir”, maka ia telah menetapkan hal itu kepada salah satu dari keduanya jika saudaranya itu seperti apa yang ia katakan. Jika tidak, maka kembali kepadanya”. (Hadits shahih tapi perawinya saya tidak ingat karena saya orang awam…)

    Jangan salah, saya bukan dari wahaby, salafy, syiah dll. Tapi saya selalu berusaha menjalankan akidah saya sebaik saya mampu. Saya ziarah kubur, tapi tidak meminta kepada atau melalui orang yang ada di dalam kubur. Saya mencintai Ali r.a tapi tidak memujanya hingga ke taraf nabi, apalagi Tuhan. Saya tidak pernah merecoki sesama muslim kecuali jika ia nyata-nyata sesat. (tidak percaya kepada rukun islam dan rukun iman). Karena sebagai orang awam saya pernah membaca di Al Qur,an:

    “Sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agamanya dan mereka (terpecah) menjadi beberapa golongan, tidak ada sedikit pun tanggung jawabmu terhadap mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanyalah (terserah) kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat.” (Al-An’aam 159)

    Jadi biarlah urusan aqidah masing-masing menjadi URUSAN SESEORANG DENGAN TUHANNYA. Mudah-mudahan kita semua ada di dalam golongan yang 1 yang merupakan pengikut Rasulullah sallallahu alaihi wasallam. Amin ya Rabbal Alamiin….

  18. wahai saudaraku…belajarlah sebelum kalian berucap dan beramal!!!
    dari ucapan-ucapan kalian[para penghujat salafi]menunjukkan kalian ini jarang tersentuh cahaya AL Qur’an dan Sunnah. Maka dari itu, belajar…belajar…!!! saya tidak akan banyak berkomentar, tetapi hanya menyarankan saudara-saudara kita untuk belajar agama dengan pemahaman yang shahih. baiklah jika kalian memang menuduh kami gampang menyesat-nyesatkan orang, apalagi yang menisbatkan diri kepada madzhab dan kelompok tertentu. itu terserah kalian, sesungguhnya sebesar apapun amalan dan perkataan akan dimintai pertanggungjawaban di sisi Allah azza wa jall. silahkan kalian buang atau kalian bakar kitab-kitab dan fatwa-fatwa Muhammad bin Abdul Wahhab, silahkan buang kitab-kitab Nashir Al Albani, Abdul Aziz ibn Baaz, ataupun Ibn Utsaimin. akan tetapi ambillah kitab aqidah ahlussunnah:
    1. Fiqhul Akbar lil Imam Abi Hanifah&Aqidah Ath Thahawiyah beserta syarahnya…ini adalah kitab aqidah madzhab hanafi.
    2. Ushulus Sunnah lil Imam Ahmad, Lum’atul I’tiqad lil Imam Ibni Qudamah, Aqidah Al Wasithiyah Ibnu Taimiyah…kitab aqidah madzhab Hanbali
    3. Syarhus Sunnah lil Imam Al Baghowi Asy Syafi’i, Al ‘Uluw lil ‘Aliyyil Ghoffar lil Imam Adz Dzahabi Asy Syafi’i…madzhab syafi’i
    4. Al I’tishom lil Imam Asy Syathibi…madzhab maliki
    Maka kalian akan melihat kesamaan aqidah dan manhaj kami dengan para Imam AHlussunnah…jangan hujat kami jika kalian tidak melihat kami mencocoki aqidah mereka, akan tetapi tanyakanlah kepada diri kalian dan kepada tokoh yang kalian puja-puja apakah mereka memiliki aqidah ini atau palng tidak pernah membacanya???
    jika kalian tidak memilikinya saya bisa berikan cuma cuma kepada kalian, hubungi hp saya 085720218226 karena saya memiliki kitab2 tersebut.

    • assalamualaikum..
      saya tertarik dengan kenyataan saudara…tolong berikan tajuk kitab2 tersebut ke dalam e mail saya…terima kasih… e mail saya cruise_1984@yahoo.com

  19. Semoga kita semua mendapat hidayah pada jalan yang benar, jalannya para Nabi, Sahabat, dan yang mengikutinya dengan baik, yang Allah ridho pada mereka dan mereka ridho pada Allah. Ana sarankan sebaiknya bagi yang belum cukup ilmu untuk menahan diri menyalah-nyalahkan orang lain, begitu juga bagi yang belum dapat hidayah agar menahan diri meng-counter kebenaran yang muncul. Ana khawatir, akan terperosok pada kata-kata kufur…Naudzubillah. Mari kita luruskan akidah kita, kita benerkan taqwa kita, supaya Allah SWT menolong kita memperbaiki amalana-amalan kita, mengampuni dosa-dosa kita. Ini adalah janji Allah, yushlih lakum a’malaakum, wa yaghfirlakum dzunuubakum.

  20. Ada asap pasti ada api, lihatlah asap asap ini tidak seberapa (komentar) Renungi tulisan syaikh albani daiatas ?? Dia mengobarkan api dengan membelokkan syari’at ke politik. Lihatlah apa yang dikatakan oleh seorang syeikh dengan celaan celaannya kepada kaum muslim didunia. Lihat Renungi tulisannya, adakah hati anda dingin dengan membacanya ??? Jadi para pengikut syaikh al-bani janganlah kelian berbicara moral seperti yang dianjurkan oleh pak manager, tetapi apa yang anda lakukan adalah tidak bermoral hehehe.
    Allah tidak menyukai pembicaraan yang buruk, KECUALI orang yang dianiaya ( Al-Qur’an ) Anda -anda mengedepankan orang muslim yang pergi ke kuburan untuk penghormatan adalah syirik !! Tidak kah kalian baca didalam Al-Qur’an bahwa Allah memerintahkan malaikat dan iblis untuk bersujud kepada Adam ? Apakah perintah Allah itu Syirik ??? Berfikirlah sesungguhnya Al-Qur’an sangat dalam dan luas pengertiannya bagi orang orang yang BERFIKIR.!!!!!

  21. GUS NTONG, si Entong ini masih kecil aja dah songong sama Ulama.

    Si Entong ini menghujat Syaikh Albani karena membantah Ulama (menurutnya), ini kan sudah biasa dikalangan para ulama sejak jaman dulu Bisa aja ini dibenarkan kalo sama-sama ulama..
    AKAN TETAPI siapa ini si ENTONG yang songong sama ulama… emangnya dia dah hapal SHAHIH BUKHARI? bisa menghujat ulama.

    Jangan lepar tangan sembunyi batu yang Ntonggg, sana gih maen di TK dan belajar yang serius biar bisa masuk SD favorit. Jangan jajan sembarangan yaa Tong.

  22. “lihatlah apa yang dikatakan dan jangan lihat siapa yang mengatakan” saudara-saudaraku janganlah kalian menghujat al-bani beliau mengungkap kesalahan orang lain bukan untuk merendahkan orang tersebut akan tetapi beliau hanya meluruskan sesuatu yang keliru dari orang tersebut, beliau adalah seorang ulama dan beliau habiskan umurnya untuk meneliti hadist bahkan ribuan hadist sudah dia hapal, dan bandingkanlah dengan diri kita sudah berapa hadis yang kita hafal dan berapa lama umur yang kita persembahkan untuk mengkaji agama ini.

  23. Dasar wahhabi……!!!

  24. Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

    Muslim dan muslim bersaudara
    Sesama saudara tidak mungkin saling menghujat
    Kalau muslim satu menghujat muslim yang lain berarti bermusuhan
    Jika bermusuhan dengan sesama muslim, orang kafir pasti sorak.

    Sadarlah Wahai kaum muslimin.

    Afwan !
    Wallahu a’lam

  25. kecelakaan besarlah bagi pengumpat’

  26. He..he…asal bunyi saja ya?? Betul apa kata Daud Albakashi, bahwa perbedaan pendapat dikalangan ulama sudah lumrah. Bantah membantah dikalangan ulama tentu punya dasar ilmiah dan argumentasi yang bisa dipertanggung jawabkan. Ulama sekaliber Al bani tidak mungkin bicara serampangan, emangnya ente yang baru bisa kenal huruf hijaiyah saja sudah petantang petenteng ngumpat dan mencela orang lain.

    Seperti conoth kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Gozali dimata ulama lain bahwa kitab tersebut banyak sekali kesalahan dan menjurus sesat. Begitupun juga Al Aqidah Al Washitiyyah karya Imam Ibn Taimiyah dimata ulama lain ada ilatnya.

    Bagi kita gak usah berpolemik atau ikut-ikutan apriori terhadap perbedaan ulama, apalagi dengan landasan tanpa ilmu lebih baik diam. Jangan kayak tong kosong bunyinya nyaring.

    Lebih baik tuntutlah ilmu dari berbagai ulama, setelah ilmu banyak baru kita pilah pilih mana yang sesuai dengan manhaj Rasulallah dan mana yang tidak sesuai dengan Manhaj Rasulallah.
    Kalau tidak bertentangan ikuti !! Kalau bertentangan kita tinggalkan !!! Jangan ngoceh kayak burung kutilang yang lapar!!

  27. Ass.Wr>Wb.
    HAti2 dengan umpatan2 saudara2 kepada Sheikh Al Bani.
    Jumhur Ulama sepakat bahwa beliaau adalah Ulama Akhli Hadits Abad ini.
    BAGI Antum yang mencerca beliau ibarat telah memakan DAGING YANG BERACUN.
    JUST BECAREFUL WITH YOUR TOUNGE BROTHERS.
    Wass.wr.wb.

  28. Assalamu’alaikum.
    Saya berasa aneh bgt dgn bbrp komentar d halaman ini, yg intinya mencela Syaikh Al-Albani.
    ….Saudara-saudaraku muslimin/muslimat, mukminin mukminaat, perhatikan semua ciri ciri yang disebutkan Rasulullah SAW diatas, mirip dan sama dengan si albani. Lebat jenggotnya, cekung matanya, dari najed asalnya, dan kepalanya gundul. Najed ….. tempat asal Mussailamah Al-Kaddzzab, si kodok ngorek !!!!….
    Dasar bodoh siapa bilang Syaikh Al-Albani dari Najd, klo mw tau biografinya silakan baca http://ahlulhadist.wordpress.com/2007/09/26/syaikh-muhammad-nashiruddin-al-albani/ kasian juga klo org yg kebetulan punya ciri fisik sprti di atas lantas dismain sama si nenek moyang khawarij. Klo misalkan org2 Arab memahami hadits seprti si komentator bodoh memahaminya tentu saja daerah Najd ud jd daerah mati (g berpenghuni). Sebenranya syubhat macam gini ud basi tau.

  29. kan ada hadist dari nabi, barangsiapa mengalah untuk debat (kusir) maka Allah akan membuatkan istana di surga, ini saya kutip dari hadist yang ada di Riyadhus Shalihin Imam Nawawi yang telah diteliti oleh Syaikh Al Bani. terimakasihhhhhhhhhhh

  30. Dalam Hadis riwayat al-Bukhari, Muslim, dan lain-lain, Nabi r bersabda, “Di Najd, akan muncul generasi pengikut Setan”. Menurut para ulama, maksud generasi pengikut Setan dalam Hadis ini adalah kaum Wahabi.

  31. Tuk Akh Habbibullah, sebelum komentar baca dulu tulisan diatasnya.
    Nah tidak kan…. jadi ketahuan deh belangnya dirimu mempunyai hasad dan dengkin yang menjadi-jadi. nih baca lagi
    Komentar oleh Rijal on April 4, 2008 4:22 am

    Assalamu’alaikum.
    Saya berasa aneh bgt dgn bbrp komentar d halaman ini, yg intinya mencela Syaikh Al-Albani.
    ….Saudara-saudaraku muslimin/muslimat, mukminin mukminaat, perhatikan semua ciri ciri yang disebutkan Rasulullah SAW diatas, mirip dan sama dengan si albani. Lebat jenggotnya, cekung matanya, dari najed asalnya, dan kepalanya gundul. Najed ….. tempat asal Mussailamah Al-Kaddzzab, si kodok ngorek !!!!….
    Dasar bodoh siapa bilang Syaikh Al-Albani dari Najd, klo mw tau biografinya silakan baca http://ahlulhadist.wordpress.com/2007/09/26/syaikh-muhammad-nashiruddin-al-albani/ kasian juga klo org yg kebetulan punya ciri fisik sprti di atas lantas dismain sama si nenek moyang khawarij. Klo misalkan org2 Arab memahami hadits seprti si komentator bodoh memahaminya tentu saja daerah Najd ud jd daerah mati (g berpenghuni). Sebenranya syubhat macam gini ud basi tau.

  32. Kata siapa Najd yang dimaksud Rasulullah itu ada di Arab Saudi/hijaz? Makanya belajar lagi yaa nak….

  33. Habibullah, anda pernah ke nejd yang di hijazz?(saudi)?dapatkah anda gambarkan di sana seperti apa?apakah sesuai dengan hadits rasul ttg negeri nejd???
    silakan baca dimana itu nejd dalam fathul bari per\njelasan hadits2 bukhari oleh ibnu hajar……..selamat membaca!!!!!

  34. Fiqih… tetap terjadi khilafiah sampai kiamat…
    Jangan berdebat tentang hukum2 Tuhan…
    tapi …Temukan Tuhan, Jangan sibuk dengan ilmu2-Nya, karena itu semua tidak akan menyelamatkan anda…

  35. atas…..

    gak salah dengan pernyataan antum tentang ilmu???

    Tuhan yang mana yang engkau cari?? apakah engkau mencari Tuhan dengan filsafat antum sendiri??

    “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya…” [Al Israa’:36]

    “Menuntut ilmu adalah wajib atas setiap muslim.” (Ibnu Majah)

    ” ….Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Mujaadilah [58] : 11)

    “Dan di antara manusia ada orang-orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan, tanpa petunjuk, dan tanpa kitab (wahyu) yang bercahaya dengan memalingkan lambungnya untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah. Ia mendapat kehinaan di dunia dan di hari kiamat. Kami merasakan kepadanya adzab neraka yang membakar. (Akan dikatakan kepadanya): ‘Yang demikian itu, adalah disebabkan perbuatan yang dikerjakan oleh kedua tangan kamu dahulu dan sesungguhnya Allah sekali-kali bukanlah penganiaya hamba-hamba-Nya’.” (Al-Hajj: 8-10)

    kita di sini berdiskusi mesti dengan ilmu, aapun jika berdiskusi dengan berfilsafat atas nama Allah apalagi meras diri sendri dekat dengan ALLAH tapi tidak sesuai amaliah kita dengan tuntunan rasulullah maka camkanlah dalil2 di atas….karena sesungguhnya dalil2 di atas adlah ayat2 suci dari Al-quran dan sunnah nabi yang tidak mungkin bagi seorang yang beriman untuk membantahnya kecuali anda termasuk orang2 yang enggan (enggan masuk surga)…

  36. ya Allah, ya Ghaffar, ampunilah kami yang selalu menganiaya diri kami sendiri, dengan bertengkar dengan saudara sendiri. Inilah cerminan ilmu kami yang masih sangat sangat dangkal. Kesombongan kami yang tinggi. Mahasuci Engkau ya Allah.
    Apa yang salah dengan Wahaby? Apa yang salah dengan Al-Albany?
    Yang salah adalah diri kita sendiri, masih sedikit ilmu tapi merasa tahu banyak. Beginilah jalan fikiran orang yang bertaqlid buta.

    • aduh maaf saudara saudaraku. saya jadi bingung kalau sudah begini.sedangkan saya awam dalam hal ini. saya hanya bisa berdoa saja semoga ALLAH memberi jalan yang terbaik dan menuntun kita semua kejalan yang diridhainya untuk kita semua. amin

  37. Assalaamu’alikum salam kenal bagi Abu Ghonam, dari komentar-komentar yang telah disampaikan banyak sekali komentar yang tidak berlandaskan ilmu malahan banyak diantaranya mencela para ulama, para pewaris nabi. apalagi ada yang mencela Al-Alamah Al-muhaddits Al-Mujaddid Syaikh Muhammd Nashiruddin Al-Albani rahimahullah, masya Allah akan kemana umat ini jika mana para ulama mereka dihina. semoga Allah mengampuni dan memberi hidayah kepada mereka yang tidak tahu. perlu ana sampaikan bahwa manhaj salafus sholih adalah haq dan jelas di mana mereka para salafiyyin mengikuti Al-Qur’an wa Sunnah ‘Ala fahmi Salaful ummah dan nama salaf adalah nama lain dari Ahlussunnah wal Jama’ah. mereka berdiri di atas bimbingan para ulama, membenci syirik, bid’ah fanatik terhadap golongan. adapun sebutan wahabi ialah dimunculkan oleh orang-orang yang membenci terhadap dakwah tauhid, dan bagi orang-orang yg diberi petunjuk tentu akan melihat dakwah salafiyyah sebagai dakwah yang benar yang mengajak berpegang teguh pada tali agama Allah dan melarang dari berpecah belah serta mengajak kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Sungguh musibah yang besar manakala umat ini tak bisa membedakan yang haq dan yang bathil. perlu diketahui pada asalnya ana membenci dakwah salafiyyah karena ana menyangka mereka adalah suatu paham islam yang keras dan merasa benar sendiri tentu saja ini adalah prasangka yang salah karena tentu Al-Haq adalah sebuah ketegasan dalam hal kebenaran dan ini ditampakan oleh para ulama salafiy, para da’inya inilah yang membuat agama ini masih terjaga karena adanya orang-orang yang senantiasa diasingkan oleh kebanyakan kaumnya dikarenakan kaumnya itu tidak lagi mengenali kebenaran. wallahu’alam, barakallahufiikum.

  38. Wahai anak-anakku sekalian!.
    Gusti Allah maha Melihat dan Mendengar kita…
    Agama bukanlah hal yang harus diPerdebatkan.. Karna berdebat ialah kebodohan para Ulama.” Begitulah Nasihat Keluarga Imron kepada Anaknya.

    Berdebat membuat hati membatu. Dan selalu menuruti nafsu karena slg tidak mau dikalahkan.
    Sifat berdebat adalah sifat Hewan,… Karena mencabik-cabik satu dengan yang lainnya. HARIMAU PUNYA KUKU. MANUSIA PUNYA MULUT. janganlah jadi Hewan, tapi jadi Manusia yang seutuhnya.
    Banyak sekali yg beda pendapat dikarenakan setelah masa keKhalifahan berakhir, Orang tidak mau berdakwah lg seperti gaya Rasul berdakwah yang dari pintu ke pintu.

    Jadi jangan berdebat deh! Kalian semua orang Pintar ilmu agamanya. Tapi apakah termasuk orang yang kuat imannya?

    Shalat aja dulu yg rajin dg berjamaah, berbuat baik kpd tetangga, berdakwah keliling Indonesia. Dengan pengorbanan seluruh Jiwa raga.

    Ketahuilah Bahwa Syurga dan Neraka ialah Makhluq. Tak boleh berharap dan takut kpd Makhluq…Apa2 yg selain Allah adalah Makhluq, Bukan makhluq yg dituju, Tapi Allah yang Dituju.

  39. Nabi bersabda: “Janganlah kamu mencela orang tua mu!”, sahabat lantas bertanya: “apa ada seseorang mencela orang tuanya”, Nabi lantas menjawab: “Seseorang mencela orang tua orang lain kemudian dibalas oleh orang yang dicela itu dengan celaan terhadap orang tua yang mencela”. Yah..orang tuanya dihina karena dia menghina orang tua orang lain.
    Saya memohon kepada kawan-kawan yang suka menukil perkataan para masyakhih untuk memperhatikan sisi ini. Jangan sampai anda menjadi sebab utama dicelanya para ulama kita tercinta. Oleh sebab itu Al-qur’an melarang kita dari mencela sesembahan orang musyrikin (walaupun itu hukum asalnya boleh2 saja) agar mereka tidak balik membalas dan mencela Allah.
    Dan sahabat-sahabatku yang suka menghujat para ulama tadi, ketahuilah bahwa seorang muslim yang baik, sangat jauh dari sikap menghujat, menghina dan mencaci maki.
    Suatu ketika Nabi bersama Aisyah berpapasan dengan Yahudi yang lantas menyapa: “As saamu alaikum” (artinya: kematian ataas kalian). Siti Aisyah lantas emosi dan membalas dengan caci maki yang sadis. Namun segera ditenangkan oleh Rasul dan dijelaskan bahwa seorang muslim tidak layak bertutur kata kasar seperti itu.
    Semoga bermanfa’at..

  40. Ya ikhwan fii din, Perdebatan dan pembongkaran kesesatan para tokoh sesat itu diperlukan. Akan tetapi bukan kita yang membongkarnya, melainkan para ulama yang mumpuni ilmunya sedangkan kita hanya menyampaikan (penyambung lidah) khobar dari para ulama, tentu itu semua dengan HUJJAH yang kuat bukan sekedar tuduhan tuduhan DUSTA.

    Pernah Muhammad Bin Bundar As-Sabbak Al-Jurjani berkata kepada Imam Ahmad bin Hambal, “Berat bagiku untuk mengatakan si fulan lemah, si fulan pendusta.” Maka berkata Al-Imam, “Jika kamu diam dan saya pun diam, bagaimana si jahil mengetahui yang benar dari yang salah.
    “Abdullah bin Ahmad bin Hanbal berkata bahwa suatu hari datanglah Abu Turab An-Nakshsyabi menemui bapaknya ketika ia sedang mengatakan “si fulan lemah dan si fulan dipercaya” kemudian berkatalah Abu Turab, “Ya Syaikh, engkau mencela ulama, “maka bapaknya melihat kepada Abu Turab seraya berkata, “Celaka kamu, ini nasihat, bukan ghibah!
    “Berkata Imam Abu Isa At-Tirmidzi, “Sebagian orang yang tidak paham telah mencela ulama hadits karena membicarakan orang”.
    Sebagian orang yang tidak memiliki ilmu menyangka bahwa perbuatan itu adalah ghibah. Padahal tidaklah demikian, karena menyebutkan aib seseorang jika ada maslahatnya, walaupun sifatnya khusus, seperti tak ada perselisihan tentang bolehnya menolak persaksian seorang yang berdusta. Maka dalam hal ini kemaslahatan bagi kaum muslimin lebih diutamakan.
    (Syarh Ilal oleh Imam Ibnu Rajab Al-Hanbali, 1:43-44)

  41. JADI menjelaskan kesalahan Ulama lain oleh para ulama itu hal yang biasa, apalagi oleh seorang Al Imam Al Muhaditstsin Syaikh Al Albani -rahimahullah- tentu semua kritikannya itu dengan HUJJAH dan BAYYAN, Tidak seperti AKh Gus Ntong dan yang sepaham dengannya yang dengan lantangnya bicara tak pantas kepada para Ulama pembela sunnah.

  42. Astaghfirulloh halaziim, saudaraku…mohon engkau memuliakan ulama..sungguh tidakkah kau membaca banyak ribuan hadist yang telah diteliti oleh Syaikh Albani…benarkah engkau telah membacanya…benarkah engkau juga telah membaca aqidah imam Syafi’i, aqidah wasithiyah ibnu taimiyah…dan prinsip-prinsip aqidah yang sesuai dengan tuntunan Rosululloh…Bacalah saudaraku..niscaya akan kau temukan kebenaran..bukan fanatisme golongan…Wass.Wr.wb

  43. antum tahu kan, hanya berpegang pd al-qur’an dan hadits kita tidak akan tersesat, marilah kita mempelajari alQur’an dan hadits, serta sampaikan ilmu yang tlah kita dapat. ga usah saling mencela. kita harus malu, kita tahu alQura’an dan hadits tapi ko masih mencela, kalo emang salah ya saling mengingatkan. kalo ga mau di ingetin ya lakum a’maalukum lanaa;maaluna.

  44. TUHAN KOK DIDEBATKAN & DIBELA……………..KASIAN DEH………….BUANG ENERGI SYEKH……!

    • Yang mendebatkan Tuhan siapa ya kawan? Perasaan kawan2 diatas ga ada yg berdebat tentang Tuhan deh…tp tentang Syaikh Al-Albani -rahimahullah-

  45. amerika dan sekutunya sangat takut kepada wahabi sehingga digelar golongan radical islam….di rusia ia diharamkankerana mereka sangat kuat berusha utk dilaksanakan syaria Islam seperti di saudi..yg mana golongan sekular dan liberal sangat memusuhi mereka

  46. hanya aliran syiah, sufi/tarekat dan HT yang membenci Imam abdul wahab…………..sudah tau kan kenapa :

    sebenarnya kebencian mereka dikarenakan akidah mereka yang kacau balau merasa terganggu makanya mereka benci dan kalau HT ya karena imam berperang dengan utsmaniyah yang menurut mereka masih dalam kerangka khilafah islam padahal ustmaniyah jauh sekali pada saat itu dari akidah islam, dan sebagai buktinya turki ustmaniyah harus bubar karena tidak komit dengan akidah islam

    • emang menurut lo kerajaan saudi dekat dari akidah islam yang mengijinkan pangkalan militer amerika disana untuk membombardir muslim di afganistan dan Irak.
      Apa model kerajaan diarab saudi dicontohkan rosul muhammad

      • hancurlah kerajaan arab saudi

      • betul itu mas saya setuju karena banyak saudara saudara kita yang hidupnya tersiksa akibat ulah amerika dan kroni kroninya dikarnakan ada kebijakan politik negara negara timur tengah yang me-wellcome kan kepada antek antek yahudi tsb.

  47. rame… smoga klo brtemu gak saling bacok

  48. intinya adalah “pengendalian diri”

    Kendalikan diri kita dari syirik, bid’ah, maksiat.

  49. Qul al-haq walau kaana murron.

  50. albani/wahabi sanad guru nya adalah setan,Belum sampai pada tingkat mujtahid mutlak sudah berfatwa,Para syekh wahabi seperti muhamad bin abd wahab, utsaimin , bin baz dan konco2nya yang dipegang para pengikutnya sekarang secara tidak sadar sudah dalam kesesatan yang nyata,mengikuti guru tanpa sanad yang jelas.,mereka mangajak pada pemurnian agama sesungguhnya mereka mengajak pada kesesatan beragama.Taklid buta pengikut wahabi pada syekh mereka membuat mereka merasa paling benar yang lain salah(bid’ah, syirik,sesat kafir ), Memahami alquran dan hadis tanpa ilmu yang memadai adalah ciri khas wahabi.Syekh mereka yang belajar tanpa guru menjadi panutan mereka.Berfikirlah yang jernih wahai wahabi/salafi.Dakwah bukan untuk menyebarkan islam (orang Kafir masuk islam) tapi sebaliknya orang yang sudah islam diajak mengikuti ajaran “pemurnian agama ” sesat .Sudah jelas muhammad bin abdul wahab pemahamannya ditolak oleh ulama muktabar tapi masih dikuti juga ,

    • faham mujasimah
      muhamamd bin abd wahab dedengkot wahabi

  51. Pembagian tauhid ala wahabi ternyata bid’ah dholalah,katanya anti bid’ah tapi kok ?.???..memang aneh ajaran wahabi.inilah ajaran tauhid wahabi.kalau bukan pengikut wahabi adalah sama dengan orang musyrik . inilah bentuk pentakfiran wahabi kepada umat islam

  52. ingat…..
    perhatian…..
    waspada……..
    hati hati…..
    tanduk setan muncul di najed

  53. kenapa komentar saya gak masuk ……?????????

  54. faham mujasimah
    muhammad bin abd wahab(dedengkot wahabi)

    • tuhtam kyk dukun lg nggerometin saudi hik..hik..hik.

  55. pada ngebahas apa se ??
    jika orang pemahamannya(ushuluddin) udah beda maka tidak akan ketemu masalah furu’iyahnya..jadi seblum kita membhas tentang furu’ mari kita bahas dahulu mslah ushulnya..ok

    kelompok yg satu dengan yg lain mengaku benar. .emang benar itu sendiri apa ya??

    wassalam,,

  56. wallahualam..

    kita manusia..hanya bisa berusaha..
    sudahlah..perbedaan itu hal yang indah..tanpa perbedaan,tidak akan ada persamaan

    biarlah..yang jadi pengikut wahabi..
    biarlah..yang jadi pengikut muhamadiyah,NU,sunni,syiah, dll

    mereka punya dasar..mereka punya pedoman..
    kita boleh berbeda..tapi kita jangan saling menyalahkan..

    lihatlah..orang2 yang sebenarnya kafir..semua tersenyum senang,melihat kita sesama mukmin saling menghujat,menghina,bahkan saling membunuh..

    akhi..kita hnya manusia..yang bagaikan buih dilautan..kita harus sadar..kita hnya kecil…

    ingat..jangan pernah sombong dengan ilmu kita,seolah2 ilmu kita adalah benar..ilmu yang kita pelajari,hanyalah secuil dari bnyaknya ilmu didunia ini..

    yang terpenting..kita menganut ajaran tauhid..dan percaya bahwa rasulallah adalah utusanNya.

    • setuju mas bro

  57. Asslm. Maaf Intinya jangan mencela, setinggi apapun ilmu agama kalo pemakainya suka mencela, di jamin tidak akan ada yang bisa terima. Jangan rusak dan kotori ilmu yang susah payah diperoleh, jangan rusak keindahan islam, jangan lupa pakailah ahlak yang bercahaya sehingga ia menerangi dalam kegelapan keegoisan. Mau HT, Wahabi, Ikhwanul Muslimin, NU, Muhamadiyah, Sufi dan toriqoh lainnya mereka semua pakai dalil yang sangat luas yaitu Al-qur’an dan Hadist. Jadi silakan masing2 sesuai kepercayaan dalilnya, Kita indahkan islam dengan saling menghargai perbedaan. Wslm.

  58. Assalam mualaikum wr.wb… Maaf kan saya yang bodoh ini dan buta akan ilmu agama… Saya ingin mengatakan sependapat kepada para saudara sesama muslim untuk menahan diri satu sama lain dan bicara baik-baik.. Karena menurut saya, tidak baik jika kita sebagai kaum muslim terpecah karena perbedaan pendapat.. Apa pun kekurangan satu sama lain, jadikan saling mengisi.. Ambil yang baik dan buang yang buruk…
    Sekali lagi, saya minta maaf jika ada kata-kata yang menyinggung dan terkesan sok tahu.. Maafkan saya..

    Wassalam…

  59. perpecahan itu azab bukan rahmat, maka bersatulah dari aqidah yang shahih.

    ga ada persatuan dalam kerusakan aqidah.

    • mending ente islamkan orang yang belum islam… gak usah sok sok bilang persatuan dalam kerusakan aqidah….

    • yang bikin pecah itu al-bany kalo gak percaya coba bongkar kuburnya….

      • wahabir ini pasti kalah saing ma al bany ya.. Ko bnci banget ma beliau sih..insaf mndingan, jngn ngikutin hawa nafsu syaiton, nnti jd temen dia lho

  60. berhati-hatilah Saudaraku dalam mengeluarkan ucapan, apa yang kamu ucpkan kelak akan dmintai pertanggunjwban oleh allah swt. apa lagi menghujat & menghina seorang ulama, yang keilmuan-nya telah diakui oleh ulama2 besar lainnya.

  61. Bismillahhirrahmanirrahim..
    Ya Rabbana.. maha suci Allah,, Maha Besar Allah.. segala puji milik Allah.. tidak ada yang patut disembah kecuali Allah..

    ” ampunilah kami.. berilah kami petunjuk sebagaimana engkau memberi petunjuk orang2 yang engkau ridhoi.. ”

    menarik sekali…

    ” menerima kebenaran walau itu pahit untuk nafsu kita, tapi jernih untuk fikiran dan hati kita”
    katakan yang benar walau itu menyakitkan.
    ” ambillah hikmah meskipun dari orang kafir.
    ” lihatlah apa yg dibicarakan tapi jangan lihat siapa yg berbicara ( memahami,, bukan mengiyakan )
    ” saya pernah mendengar cerita sejarah,, bahwa tawanan perang badr’ sebagian mengajari baca dan tulis…
    ” mengenai hal ini opini saya adalah”
    jangan memahzabkan diri kita.

    belajar hingga akhir hayat menuntut ilmu hingga akhir hayat, jika saudara kita al bani mencoba menerangkan sesuatu, bukanlah baik kita ambil hikmahnya.. jika seorang lagi berpendapat .. bukankah lebih baik kita ambil hikmahnya.. mencari kebenaran dan bukan pembenaran.. mendakwahkan yg benar dan bukan mencari pembenaran…

    saya bukan ahli hadist atau semacamnya ” tapi saya pernah membaca hadist yg berbunyi begini “akan masuk surga walau imanya sebesar biji zarah..
    ” almuslimu akhul muslim ”
    dan firman Allah
    ” demi waktu.. sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi kecuali, beriman dan beramal soleh.. dst… ( kurang hafal detail lanjutanya )

    dan pernah juga saya mendengar kalimat ini…
    tidak dibebankan agama bagi seseorang melebihi pemahamanya sendiri.( kalau kurang atau kelebihan mohon di koreksi)

    oh iya : di bawah ombak masih ada ombak yg tak terlihat…..
    di bawah permasalah kita masih ada permasalahan yg terkadang kita lupa : adu domba kaum yahudi dan nasrani.. dll …
    ya Allah limpahkan sholawat serta salam kehadirat nabi Muhammad S.A.W.
    beliau selalu mendoakan umatnya bahkan ketika nabi hendak wafat.. ummatku.. ummatku.. ummatku.. ucap beliau…

    ( inilah opini saya )

    jika salah tolong dibenarkan.. jika benar : heheheh itu smua atas Kehendak Allah…

    assalamualaikum. wr.wb

  62. Assalamua’alaikum

    Ana setuju dengan pendapat antum niri

    ana dulu pernah bekerja dan mendapatkan sedikit ilmu Islamic center Jeddah Ksa. namun ana tidak pernah dilarang untuk Ziaraha ke makam Rasulullah saw. bahkan setap tahunya kami mendapat fasilitas umroh dan ziarah ke makam Rasulullah saw di Madinah.
    ana selalu ingat salah satu pesan dari sang ustadz bukti kita cinta kepada nabi kita harus bisa mengikuti ucapan ,perbuatan dan ketetapan Rasulullah sesuai dengan kemampuan kita.

    Jika ingin mengikuti sunnahnya sudah ada 100 sunnah yang shahih. marilah kita jalankan yang 100 sunnah tsb daripada melakukan sunnah yang belum jelas tuntunanya malah terkadang melalaikan shalat Fardhu secara berjamaah di masjid.contohnya kita sibuk mempersiapkan acara maulid nabi,yasinan ataupun tahlilan secara berjamaah tapi sudah masuk waktunya shalat Maghrib dan isya tertunda malah kadang terlupakan baik secara sengaja ataupun tidak di sengaja.

    Ana sebagai salah satu mantan TKI yang pernah di Dholimi oleh orang saudi kangen dengan suasana di masjid-masjid disana yang masjidnya penuh dengan jamaahnya sembari menunggu Iqamat kita masih sempat membaca Al Qur’an walaupun satu ayat dengan suara yang pelan agar tidak mengganggu orang lain yang melakukan shalat sunnah.
    Sang Imam bacaan suratan dan takbirnya jelas karena memakai pengeras suara jika salah di benarkan oleh makmumnya tidak marah.

    Ana sangat Prihatin dengan Keadaan di masjid di Indonesia.saat shalat berjamaah di masjid Imamnya membaca bacaan suratan dan takbir tidak terdengar dari barisan shaf yang kedua sedangkan untuk melakukan shalawat yang bukan tuntutunan Rasulullah.yasinan dan dzikir secara berjamaah dengan memakai pengeras suara dan malah menganggu orang lain yang melakukan shalat sunnah.bahkan mengganggu umat muslim yang lain untuk beberapa jam.

    yang sangat memprihatinkan lagi kaum laki-laki disamping rajin shalat fardhu di rumah masing-masing mereka masih suka minta bantuan jin bukan setan kata mereka demi kelancaran usaha dan dalam pekerjaaanya.

  63. umat muslim diseluruh dunia sejak jaman rasullulah,sahabat,tabi’in ,tabitabiin,4 mazhab,sampai sekarang,(sanad tidak terputus) dengan istiqomah melaksanakan ajarannya .tiba tiba 13 abad kemudian (abad 18) muncul ajaran wahabi dari najed (tanduk setan )yang mengatakan : pemurnian ajaran islam,berdasarkan alqur’an dan sunah,meengikuti manhaj salaf dan kata kata yang sangat mempesona dan penuhn tipu daya didukung dana yang kuat dari kerajaan arab saudi menyebarkan agama islam gaya wahabi.yang katanya ajaran yang paling benar,paling mengikuti sunah nabi,
    berhati hatilah, ketahui ciri ciri ajarannya antara lain :kata kata yang sering digunaka yang jarang digunakan selama 13 abad pleh ulama sekalipun yaitu kata kata “BID”AH,SESAT,SYIRIK,KAFIR dan kata kata keji lainnya yang ditujukan terhadap amalan umat islam yang tak sefaham dengannya”
    WASPADALAH…WASPADALAH……..

    • berkacalah wahai saudaraku dengan ucapanmu itu.

  64. maaf, saya orang awam,bagi saya faham islam adalah ashaduallailahailahaillallah, waasyhadu ana muhammaddarosulullah. Selama mereka mengucapkan kalimat tersebut dan menancapkannya dalam hati maka mereka adalah kaum muslim. Masalah penafsiran dan manifestasi dari kalimah tersebut setiap orang adalah berbeda-beda. Janganlah menghujat,mencela , mencemooh, atau apasaja kepada kaum muslim karena kita semua adalah seorang muslim. Dan agama islam di muka bumi ini adalah agama yang rahmatan lilalamin. Jangankan sesama muslim kita harus melindungi, bahkan sampai kaum kafirpun oleh kanjeng nabi muhammad saw pun dilindungi. Berdamailah wahai umat islam di dunia.

  65. Shollualan nabi muhammad, intinya hati-hati dengan orang wahabi. Sesuai yg telah dijelaskan oleh beliau Gus abbas putra dari KH. Fuad cirebon. Klo ente ada yg menjangal, silahkan perdebatkanlah ini dengan Gus abbas yg faham akan semua ini. Wallafu klo ada kata2 yang memyimggung. Sukron

  66. wah,wah wah..pintar semua ya?tapi dari sekian pendapat/komentar kok gak ada yang nukil tentang riwayat pertemuan antara nabi Musa dengan nabi Khidir ya? Yang ketika itu Musa merasa dirinya paling pandai,lalu di tegur oleh Allah atas kelalaiannya itu,dan di tunjukkan agar menemui Khidir di tengah lautan,karena masih banyak yang belum di ketahui Musa ada pada diri Khidir.disini tidak perlu saya tulis bagaimana jalan ceritanya,karena kalian semua pasti sudah tau.yg ingin saya tanyakan adalah pelajaran apa dari cerita itu.dari setiap apa yg di lakukan Khidir pasti bertentangan dengan ilmunya Musa,sampai 3 kali peristiwa sehingga terjadilah perpisahan antara keduanya.saya rasa kalian yg ngaku wahabi perlu,bahkan sangat perlu untuk mengkaji dari cerita itu..

  67. Ya Allah, damaikanlah semua saudara2ku di belahan bumi ini, mereka sibuk saling menyalahkan, bahkan akan saling memerangi (saudi, uea, qatar, bahrain dll vs iran), apa tidak malu dengan israel? Malahan israel dengan leluasa menggali al aqsha dan menduduki dan membunuh orang palestin. Belum sadar juga lagi? Satu persatu negeri muslim dihancurkan (irak, afghan, libya, suriah). Sepanjang rukun islam & rukun iman nya masih sama, jgn terlalu bersemangat mencari kesalahan yang lain (belajarlah bagaimana penganut katholik dan protestan menjaga kesatuan, sekalipun diantara mereka ada perbedaan).

  68. Assalamu’alaikum… Selamat, anda telah berhasil mengkafirkan manusia yg tlh bersaksi, bahwa tiada tuhan selain Allah, Muhammad utusan Allah. Jika anda ingin surut ke pangkal jalan, tlg baca baik2 bagaimana sejarah perjuangan ibnu saud dan ibnu wahab memberontak kpd khalifah utsmaniyah atas kebaikan dan bantuan british. Semenjak itu, sampai skrg tdk ada lagi persatuan umat islam, sadarlah cepat jika anda msh bersyahadat seperti kami, krn yg anda permasalahkan itu bkn mslh pokok aqidah, mslh surga dan neraka bukan urusan anda, tp terpulang kpd keikhlasan amalan msg2, jika anda bkn bagian dari org yg bersyahadat spt kami, tlg jgn pecah belah kami

  69. haadeeehh antum-antum ini sangat pandai sekali dengan ilmu agama yaa..tapi perlu antum ketahui bahwa menjadi ulama itu sangatlah mudah,,akan tetapi menjadi mujahid itulah yang susah

  70. wkkwk…..ngakak liat comentx !!! orng indonesia tw apa sih tntng agama ups sory….!!

    syi’ah msh di bngga2 in !! bedax najd ama najed aja salah….
    lo tw najed tanduk setan dalam hadist itu dmna?? perbatasan irak dan iran lah…..
    tapi malah orng sni prcaya aja ama omongan orng syi’ah malah pada menghujat “Wahabi”…. sjarahx pasti tw nya “copy paste internet wkwkw” !!!

  71. emang “bhenika tunggal ika” wkkwwk….??
    sunni syiah bersatu gitu ?? mending gw perang ama orng syi’ah yg jelas2 mencela sahabat nabi dari pada orng nasrani yg jelas2 sudah kluar dari agama dan pnya agama sndiri

  72. hidup di atas sunnah bagai menggenggam bara api,,perbanyaklah sabar sahabat2 ku,,dakwahlah terus,,saya hanya bisa tersenyum bahagia membaca komen dari awal-akhir,,belajar agama yg benar tapi tidak di amalkan sama juga dgn bohong,,itulah perbedaan orang berilmu dengan orang yang tidak berilmu bagaikan orang yang bisa melihat dengan orang yang tidak bisa melihat,,bagai siang dengan malam..))

  73. assalamualaikum, ana awam dalm hal ini, apa yang salah dari syaikh albani smntara jumhur ulama brpndpt bahwa syaikh albani adlah ahli hadits abad 20 ini ? Apa dalil bahwa syaikh albani itu membolak balikkan tingkatan hadits sprti yang bbrapa akhi2 sampaikan ?
    Apakah dalil yg benar bhwa pmurnian yg dibawa ibnu wahab yg dibantu ibn saud itu memiliki ilat saat melakukan pemurnian dimasa banyaknya pelanggaran syariat seperti yang beberapa akhi2 sampaikan ? darimana antum tau bahwa tanduk setan yang di maksud rasulullah saw itu ada di daerah najd ? apa dalilnya ?

    ana mlhat banyaknya ilmu yang akhi2 sampaikan tapi merendahkan perasaan saudaranya. Dan saya sarankan akhi2 lebih baik membaca kitab2 as-sunnah shahih. afwan

  74. Ada yg mengatakan hadist berikut ini untuk khawarij, ada yg mengatakan untuk wahabi.
    Ada yg mengatakan wahabi adalah neo-khawarij; ada yg mengatakan wahabi bukan khawarij, namun ada beberapa sisi kesamaan. Wallahu a’lam bish-shawab

    1- Abdullah bin Mas’ud, haditsnya diriwayatkan oleh Ahmad dalam kitab al-Musnad (1/404), at-Tirmidzi dalam Sunannya (nomor 2188), Ibnu Majah (nomor 168) dari Abdullah bin Mas’ud ia berkata, Rasulullah saw. bersabda:
    “Akan muncul nanti di akhir zaman satu kaum yang dangkal akalnya, muda belia, atau beliau berkata, muda usianya, mereka mengucapkan sebaik-baik per kataan manusia, mereka membaca al-Qur’an dengan lisan mereka namun tidak melewati kerongkongan mereka. Mereka keluar dari Islam seperti keluarnya anak panah dari busurnya. Barangsiapa mendapati mereka maka perangilah mereka sebab bagi yang memerangi mereka telah tersedia pahala yang besar di sisi Allah.”
    Ini merupakan lafal riwayat Ahmad dalam Musnadnya
    2- Anas bin Malik, haditsnya diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya (3/189 dan 224), Abu Dawud dalam Sunannya dari duajalur (nomor 4765 dan 4766) dan Ibnu Majah (nomor 175).
    3- Jabir bin Abdillah al-Anshari, haditsnya diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya dari tiga jalur (3/354 dan 355), Muslim dalam Shahihnya nomor 1063 dan an-Nasa’i dalam Sunanul Kubra nomor: 8087 dan 8088.
    4- Sa’ad bin Abi Waqqash, haditsnya diriwayatkan oleh Ya’qub bin Sufyan dalam al-Ma’rifah wat Tarikh (3/406) kemudian al-Baihaqi meriwa-yatkan dari jalur Ya’qub dalam Dala’ilun Nubuwwah (6/433) dan juga diriwayatkan oleh Ahmad dalam al-Musnad (1/179).
    5- Abu Sa’id al-Khudri Sa’ad bin Malik bin Sinan al-Anshari, diriwayatkan dari beberapa jalur darinya, diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya (3/15, 33, 34, 48, 52, 56, 60, 68, 72, 73 dan 82), demikian pula diriwayatkan oleh al- Bukhari dalam Shahihnya (nomor 4351, 5058 dan 7562) dan Muslim (144,147,148 dan 1064).
    6- Sahal bin Hunaif al-Anshari, hadits diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya (3/486) dan diriwayatkan juga dalam Shahih al-Bukhari nomor (6934) dan Muslim (159,160 dan 1068).
    7- Abdullah bin Abbas, haditsnya diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam Sunannya (nomor 171).
    8- Abdullah bin Umar bin al-Khaththab, hadits diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya (2/84).
    9- Abdullah bin Amru bin al-‘Ash, haditsnya diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya (2/198 dan 199).
    10- Abu Dzar al-Ghifari diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahihnya (158 dan 1067).
    11- Rafi’ bin Amru al-Ghifari, diriwayatkan oleh Muslim bersama hadits Abu Dzar di atas.

  75. Ada yg mengatakan hadist berikut ini untuk khawarij, ada yg mengatakan untuk wahabi.
    Ada yg mengatakan wahabi adalah neo-khawarij; ada yg mengatakan wahabi bukan khawarij, namun ada beberapa sisi kesamaan. Wallahu a’lam bish-shawab

    1- Abdullah bin Mas’ud, haditsnya diriwayatkan oleh Ahmad dalam kitab al-Musnad (1/404), at-Tirmidzi dalam Sunannya (nomor 2188), Ibnu Majah (nomor 168) dari Abdullah bin Mas’ud ia berkata, Rasulullah saw. bersabda:
    “Akan muncul nanti di akhir zaman satu kaum yang dangkal akalnya, muda belia, atau beliau berkata, muda usianya, mereka mengucapkan sebaik-baik per kataan manusia, mereka membaca al-Qur’an dengan lisan mereka namun tidak melewati kerongkongan mereka. Mereka keluar dari Islam seperti keluarnya anak panah dari busurnya. Barangsiapa mendapati mereka maka perangilah mereka sebab bagi yang memerangi mereka telah tersedia pahala yang besar di sisi Allah.”
    Ini merupakan lafal riwayat Ahmad dalam Musnadnya
    2- Anas bin Malik, haditsnya diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya (3/189 dan 224), Abu Dawud dalam Sunannya dari duajalur (nomor 4765 dan 4766) dan Ibnu Majah (nomor 175).
    3- Jabir bin Abdillah al-Anshari, haditsnya diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya dari tiga jalur (3/354 dan 355), Muslim dalam Shahihnya nomor 1063 dan an-Nasa’i dalam Sunanul Kubra nomor: 8087 dan 8088.
    4- Sa’ad bin Abi Waqqash, haditsnya diriwayatkan oleh Ya’qub bin Sufyan dalam al-Ma’rifah wat Tarikh (3/406) kemudian al-Baihaqi meriwa-yatkan dari jalur Ya’qub dalam Dala’ilun Nubuwwah (6/433) dan juga diriwayatkan oleh Ahmad dalam al-Musnad (1/179).
    5- Abu Sa’id al-Khudri Sa’ad bin Malik bin Sinan al-Anshari, diriwayatkan dari beberapa jalur darinya, diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya (3/15, 33, 34, 48, 52, 56, 60, 68, 72, 73 dan 82), demikian pula diriwayatkan oleh al- Bukhari dalam Shahihnya (nomor 4351, 5058 dan 7562) dan Muslim (144,147,148 dan 1064).
    6- Sahal bin Hunaif al-Anshari, hadits diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya (3/486) dan diriwayatkan juga dalam Shahih al-Bukhari nomor (6934) dan Muslim (159,160 dan 1068).
    7- Abdullah bin Abbas, haditsnya diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam Sunannya (nomor 171).
    8- Abdullah bin Umar bin al-Khaththab, hadits diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya (2/84).
    9- Abdullah bin Amru bin al-‘Ash, haditsnya diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya (2/198 dan 199).
    10- Abu Dzar al-Ghifari diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahihnya (158 dan 1067).
    11- Rafi’ bin Amru al-Ghifari, diriwayatkan oleh Muslim bersama hadits Abu Dzar di atas

    • wahaby/salafy adalah khawarij modern – khawarij peninggalan masa lalu bermukim sekarang di Oman merek mengaku sebagai Ibadiyah

  76. @salamander -x
    Dari Abdullah ibnu Umar r.a yg berkata : Aku mendengar Rasulullah saw bersabda di atas mimbar, “Ketahuilah, sesungguhnya fitnah itu di sana –sambil menunjuk ke timur Madinah- dari sana muncul tanduk setan.” (H.R. Bukhari, Muslim, Malik, Ahmad, dan imam yg lain)

  77. @salamander -x
    Dalam Hadis riwayat al-Bukhari, Muslim, dan lain-lain, Nabi s.a.w. bersabda, “Di Najd, akan muncul generasi pengikut Setan”.

    • Itulah kelompok wahaby/salafy pengikut setan/iblis

      • inilah dia orangnya yg nyata2 musuh islam! Yg bertopeng kawan tp sebenatnya musuh dlm selimut, sebnarnya kmlah yg syaitonirrojim! Km hnya insan lemah, yg pikirannya hnya dipenuhi dgn nafsu syaiton, akalnya gk dipakai.

  78. contoh fatwa logika yahudi albani:
    al-Albani mengeluarkan fatwa yang isinya mengharuskan warga muslim Palestina agar keluar dari negeri mereka dan mengosongkan tanah Palestina untuk orang-orang Yahudi. Dalam hal ini al-Albani mengatakan: “Warga muslim Palestina harus meniggalkan negerinya ke negara lain. Semua orang yang masih bertahan di Palestina adalah kafir” (Fatawa al-Albani, yang dihimpun oleh Ukasyah Abd al-Manan, Pg. 18).
    Hal ini membuat banyak pakar menganggap fatwa al-Albani membuktikan bahwa logika yang dipakai oleh al-Albani adalah logika Yahudi, bukan logika Islam, kerana fatwa ini sangat menguntungkan orang-orang Yahudi yang berambisi menguasai Palestina.

    • Pala otaknya campur tai kering

  79. contoh fatwa logika yahudi albani:
    al-Albani mengeluarkan fatwa yang isinya mengharuskan warga muslim Palestina agar keluar dari negeri mereka dan mengosongkan tanah Palestina untuk orang-orang Yahudi. Dalam hal ini al-Albani mengatakan: “Warga muslim Palestina harus meniggalkan negerinya ke negara lain. Semua orang yang masih bertahan di Palestina adalah kafir” (Fatawa al-Albani, yang dihimpun oleh Ukasyah Abd al-Manan, Pg. 18).
    Hal ini membuat banyak pakar menganggap fatwa al-Albani membuktikan bahwa logika yang dipakai oleh al-Albani adalah logika Yahudi, bukan logika Islam, kerana fatwa ini sangat menguntungkan orang-orang Yahudi yang berambisi menguasai Palestina

  80. pantesan ilmu skrang g ada manfaatnya ,,,belajr hanya untuk berdebat,,,,,,pintR tapi bodoh,,,,,,

  81. jelas, wahabi/salafi sesat – gak usah pake dalil2an gak usah di ikuti, dah yg salafi2an tobat lah ikutilah jalan yg benar – jumhur ahlussunah wal jamaah – jangan jadi khawarij versi baru

  82. bin abdul wahab turunan Dzul-Khawaisara

  83. Mantap orang Pinter berdebat.asal ga di tunggangi kepentingan golongan kalian masing..Karan Islam jadi bermacam Karan kepentingan golongan bukan umat seluruh dunia…Maaf

  84. syaik, sya mau menanaykan gimana menurut anda”shlawat kamilah”?????

  85. ana wahabi…siapa yg mw debat sama saya….

  86. tentang masalah fatwa sheikh albani tentang palestine……..siapa diantara kalian warga NU..syiah…atsyariah..yang tau tentang riwayat HIJRAHNYA NABI…….monggo…..

  87. ana mang habi,, adeknya wa habi.. keponakan nya si ntong habi,,

  88. Ibarat shof dlm sholat…harus rapat dan tidak boleh renggang…biarkan pangkatnya berbeda-beda, pakaiannya berbeda-beda, tp kita harus tetap rapat dan lurus jangan sampai putus…dan semua gerakan harus sesuai dan mengikuti imam bukan membuat gerakan sendiri. maksud dari tulisan ini adalah, saya orang awam bukan ahli kitab maupun ahli hadits, tp saya bingung dengan kondisi umat Islam sekarang yang tidak lagi rapat dan lurus dalam shof nya…saudaraku baju boleh beda…bendera boleh beda…tapi jangan gunakan perbedaan itu untuk saling menghujat, salingserang……tapi gunakan perbedaan itu untuk saling melengkapi dan saling menutupi kelemahan pemahaman kita dalam Agama…bersatulah saudaraku…

  89. so jago lo semua lah kampret, solat dulu lah benerin

  90. wahabi itu bukan glongan,,,bukan aliran bukan faham,,,,
    ia hanya menjalankan syariat islam seutuhnya….
    fikirkan saja ibadah kita,,,,
    ini fitnah yang nyata,,,,, bandingkan wahabi dengan valentine,,,, siapa yang lebih di sukai,,,,ternyata si penebar maksiat lebih di minati dari pada penebar islam,,,,

  91. kita semua bisa saling hujat cuma lewat tulisan semata,,,,
    coba inisiatif berunding sambil silaturahim,,,pasti lebih indah,,,
    yakini dulu pendapat kita lahir batin sebelum menghujat orang,,,,
    ingat sodraku semuanya,,,,,
    islam itu cuma bisa hancur kalo di pecah dari dalam….. dan ini sekarang lagi di genggamnya,,,,*****
    makanya islam saling tunding…. dan mereka ketawa

  92. Pertamakali saya menganggap gerakan Wahabi itu bagus. Niatnya untuk memurnikan ajaran Islam. Tapi lama-kelamaan kok jadi ekstrim membahas masalah-masalah furu’iyah dan khilafiyah dengan ujung-ujungnya membid’ahkan dan mengkafirkan sesama Muslim.
    setelah saya selidiki mereka punya faham trintas tauhid dan juga syahadatnya tidak sama apa yg diajarkan (di pimpin) Rasulullah .
    saya jadi bimbang terhadap keislaman mereka

  93. MAKA JADILAH INI SBG PENEDUH YANG MENYEJUKAN: “Ketika sebuah penghinaan ditanggapi dg kedewasaan” bukankah demikian apa yg dilakukan oleh ssepuh umat manusia bginda nabi SAW.? beliau selalu arief sekalipun thd orang yg mnghinanya.jika penghinaan itu dilawean dg penghinaan maka itu berarti sama rendahnya kualitas intelektualnya. Maka mari sadari siapapun kita bfaham tiada tuhan kecuali ALLAH dan MUHAMMAD rasulullah itu prinsifnya bersaudara.

  94. Kebaikan itu ada di lima perkara :
    kekayaan hati, bersabar atas kejelekan orang lain,
    mengais rezeki yang halal, taqwa, dan yakin
    akan janji Allah swt. (nasihatnya imam syafi’i r.a)

  95. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ ,
    Salam hangat ,salam persaudaraan muslim,
    Dari sinilah kita harus menyadari,bahwa kita harus banyak belajar,memahami tentang sesuatu yang baru, apakah yang baru itu suatu yang murni, atau sesuatu yang telah terkontaminasi kepentingan seseorang/kelompok , dengan memahami al_qur’an dan as_sunnah, maka kita akan menemuikan dalil bahwa apakah sesuatu yang baru itu berdasar la_qur’an dan as_sunnah atau tidak, makanya اللَّهِ telah mewanti wanti kita sebagai umat muslim dalam suatu masalah, ( wahai orang2 yang beriman, apabila datang berita dari orang2 pasik kepadamu, maka janganlah kamu menerimanya begitu saja, tapi telaahlah dahulu sebelum mengambil keputusan,;beginilah kira2 bunyi ayat itu, tapi surat dan ayatnya saya lupa, mohon sekira nya saya dimaaf kan,karna yang pasti kebenarannya hanya dari اللَّهِ dan rasulillah, )
    وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ

  96. Suruh aj para ulama2 se dunia rapat tuk memecahkan masalah ini biar gk ribut.

    • ┼┼aa┼┼aa..=D ┼┼aa┼┼aa..=)) s
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  97. Subhanalloh… telah banyak orang salah Faham tentang WAHABIYAH.

    semoga mereka Sadar atas kesalahannya Amiiin

    • mudah2an hamba allah diatas yang sadar dan banyak belajar, biar tau mana yang hak dan yang bathil, biar saudara tau salah satu bid’ah wahabiyah yang tidak dilakukan Rasul, ya Rasul jg tdk pernah zakat dengan beras… berarti wahabi indonesia alul bid’ah jg, tlng dipelajari agar tidak tersesat …

  98. Assamualaikum Wr.Wb
    bgni y wahai Syaikh albadani e Al -albani anna ahlul bid’ah yang paham orang antum kt dosa bsar masuk neraka pasti golongan antum tahu persis neraka tempat kesengsaraan dan sorga penuh kenikmatan sdh bertahun-tahun anna hidup di ckupi

  99. Assalamualaikum.Wr.Wb
    wahai kaum yang mengaku bnar dalam islam yang katanya bid’ah itu sesat menyesatkan dan neraka tempatnya pasti golongan antum tahu persis neraka tempat kesengsaraan n surga penuh dng kenikmatan nah anna ahlul bid’ah bertahun tahun hidup dicukupi sama ALLAH kerja tidak ada hidup penuh dengan kenikmatan yang ALLAH berikan bagaimana menurut antum wahai wahabi

  100. aku ini cm TKW aja,soal ilmu agama 0! Gk sehebat saudara2 komentator. Apalg yg lbh dr komentator2, gk ..gk ads apa apanya aku nih. Dhoif. Hanya ALLAH mengkaruniakan aku..AKAL,MATA dn HATI. Wlopun gk tamat SD, tp alhmdulillah msh punya akal, mata dn hati.

    • sekarang aja aku br tau, apa itu WAHABI, yg banyk diperdebatkn orang dr smua kalangn, khususnya para tokoh2, pemimpn agama, ntah sunni,ntah syiah,ntah apa lg gk tau, sampe aku sndiri pusing mikirin smua itu! Yg aku pusingin knapa ya, smua permasalahnya begitu rumit ky benang kusut! Krna smua msing2 golongan saling tuding, mmfitnah, saling hujat, saling mengadu domba, gk tau mau kyk apa nntinya ini alam, terutama alam indonesia, tanah tumpah darahku, negaraku tercinta.

  101. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ ,,,,,,,, sebagaimana yang termaktub didalam al_qur’an”( ikutilah(hukum) اللَّهِ ,dan ikutilah(hukum)rasul, dan ulil amri diantara kamu, jika kamu berbeda pendapat dalam beberapa hal,maka kembalilah kepada al_qur’an dan as_sunnah,)”wahai saudara seiman, jangan lah hendak nya kita membesar2kan masalah, apapun tema kajian dari seorang ulama,selama bersumberkan qur’an dan sunah, tak ada yang salah, dengan semua itu,yang salah kita sebagai umat mutaakhirin(akhir zaman) dalam memahami sesuatu hulum agama, jika kita mau jujur, coba kita kaji lagi syahadatain kita, maka kita akan menemui kesalahan2 kita sebagai muslim, kecuali tentang syi’ah,, mereka yang berpahamkan syi’ah adalah sesat,,,,,,,, syi’ah bukan bagian dari islam,,,,,,,, وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ

    • mngkin mmng sudh kodratnya dgn situasi alam dunia yg akn sllu ramai, berisik dgn persoalan2 seprti yg diatas smpai kiamat! Takan knjung selesai dan damai. Tp mmang mnusia dituntut smua itu, ntuk beramar ma’ruf,nahi munkar

  102. Benar2 jamaah iblis suka berbantahan dan mencela.

  103. hai saya albani mo apa…..gak ada yg boleh masuk surga kecuali aku

  104. wahabi vs aswaja….ribut,,,
    syiah,nasrani & yahudi lagi ketawa terbahak-bahak,,,
    klian smua termakan adu domba mereka,,
    byangkan jika wahabi dan aswaja bersatu (wlaupun dlam bberapa perbedaannya) maka akan mengkhawatirkan syiah,yahudi & nasrani.
    maka jalan mereka adalah mengadu domba antara wahabi dan aswaja..
    pikirlah baik2.
    musuh kalian nyata syiah,yahudi & nasrani,
    meraka sudah “melangkah dan berlari” (membantai umat muslim di tiap negara, afrika,burma,suriah,afganistan,irak,palestina,DLL),,, eeehhh kita masih ketak-ketik keyboard disini mmbahas dan meributkan yg justru bisa mnghancurkan kalian.
    pikir pakai hati jangan pakai emosi…

    • Sy sangt setuju dgn comment Anda. Bahkan sy melihat, dunia Islam kini tengah asyik menari (bahkan sampai mabuk tak sadar diri) mengikuti iringan gendang yg ditabuh oleh ketiga musuh islam tsb yakni “Yanasyi” (Yahudi Nasrani Syiah). Tolong sadarkan kawan, agar ketika mereka-kita menari mengikuti irama gendang yg ditabuh “Yanasyi” itu tidak saling tumbukan karena pada asyik mabuk.
      Trus bagaimana ya caranya untuk ngingetin agar mereka sadar lalu berhenti dari tarian mengikuti irama gendang Yanasyi itu? Lalu bersatu padu mengatasi penabuh gendang keparat itu?

  105. BEGINILAH SIKAP DAN TINGKAH MANUSIA2 YANG MENGAKU WAHABI DAN SALAFI. SEPERTI DUA SISI MATA UANG, SAMA SAJA. MERASA TERBAIK DAN PALING BENAR. BERDEBAT DAN MENYALAHKAN. SEMOGA SYAITON YANG SUJUD PADA ALLAH SWT DAN BERDZIKIR RIBUAN TAHUN MERIDHO’I KALIAN. MISI SYAITON SUKSES BESAR.

    MUKZIZAT TERBESAR RASULULLAH MUHAMMAD SAW MELALUI ISLAM YAITU “MEMBENTUK PRIBUDI LUHUR MANUSIA” TELAH KALIAN GAGALKAN. KALIAN BUAT MENJADI NEO-JAHILIYAH.

  106. As salam, kembali kpd sunnah & al-qur’an. Dampingi para ilmuan hadis untuk membezakan yg daif, maudhu, hassan, sahih dsb. Amalan tanpa dalil2 yg sah seperti wirid beramai2 selepas solat, kenduri tahlil, sambutan maulid ternyata adalah Bid’ah. Tidak ada takrif Bid’ah Hassanah dlm Islam. Bid’ah itu sesat & menyesatkn. Nabi SAW pernah bersabda,” Telah aku sempurnakn agama bg kamu” maka tidak perlu ditokok tambah dgn amalan2 yg tidak ada nas. Amalan yg di tokok tambah seolah2 apa yg di amalkn oleh Rasulullah & para sahabat tidak sempurna. Wallahua’lam.

  107. Ini persis seperti yang dikatakan Rasulullah bahwa setelah beliau, umat Islam akan terpecah menjadi 73 golongan…..

    Sekarang kenapa kalian sibuk memperdebatkan salah dan benarnya setiap golongan….

    Pertanyaannya, pernahkah Rasulullah mengajarkan atau membentuk sebuah golongan dalam Islam seperti yang terjadi sekarang ini. Jika ada, apa nama golongan Rasulullah dan bagaimana ajarannya. Jika tidak ada/tidak pernah, sudahlah kita tidak perlu sibuk-sibuk membentuk golongan yang merasa paling benar….

    Kita cukup laksanakan perintah Allah dan jauhi apa yang dilarang-Nya, saya rasa Al-Qur’an sudah cukup detail menjelaskan syari’at Islam. Juga dalam menafsirkan hadist jangan sandarkan tafsiran kita pada ilmu kontemporer tapi sandarkanlah pada Al-Qur’an yang merupakan kitab yang paling benar diantara semua kitab yang ada, tentu saja jika kita memang mengimani Al-Qur’an, jika tidak maka lain lagi ceritanya….

  108. belajar ilmu agama kenapa di internet??? bljr k ulama haq.. wahabi ngapain ddebatin lagi??? kecape2 udah jelas ngga usah d tanggepin.. jaga raksa diri dan kluarga aja dr ajaran2 sesat..ya klo mw ketemu ma saya d tanah baru bogor ponpes assogiri.. yang kalah debat harus taslim!

  109. assalamualaikum
    kita sangat kenal dengan empat mazhab!kenapa ada empat mazhab?yang acapkali berbeda dalam satu hal penafsiran.padahal islam itu satu?inilah islam yang indah mempunyai perbedaan yang indah.tidak ada antara imam Hanbali menentang Imam Syafi’i ataupun sebaliknya.mereka membuat itu untuk memudahkan umat berjalan dan berprilaku untuk mencintai Allah SWT dan Nabi SAW tanpa melenceng dari ajaran islam.tidak ada dalam empat mazhab yang bertentangan dengan Al Qur’an ataupun Hadits-hadits.
    mari ciptakan ke indahan dan kecintaan kita terhadap Islam dan Rosulullah Saw,cinta terhadap orang yang mencinta Rosulullah.tumbuhkanla benih-benih cinta kita.kita akan bersatu jika sesama kita telah tertanam rasa cinta dan tidak ada yang bisa memecah belahkan kita.
    (cara terbaik untuk mengadapi aliran dan paham seperti ini adalah dengan cara memperkuat akidah dan amalaiyah ahlu sunnah wal jamaah salah satu nasihat sang pedang islam yang sangat lemah lembut guru kita tercinta( Alm )Al-Habib Munzir bin Fuad al-Musawa.semoga beliau selalu berada ditempat terbaik disisi Allah Swt ,amin)


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.